SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Saling Mengingatkan Dan Menjalin Persaudaraan Karena Allah

Redaksi SalamDakwah - 6 years ago

Saling Mengingatkan Dan Menjalin Persaudaraan Karena Allah

SALING MENGINGATKAN DAN MENJALIN PERSAUDARAAN KARENA ALLAH 

Penulis : Ustadz Rochmad Supriyadi, Lc

 

Alhamdulillah, washolatu wassalamu ala Rosulillah, wa ba'du;

 

Sesungguhnya saling nasehat-menasehati dan ingat-mengingatkan satu dengan lainnya, serta merajut persaudaraan di atas naungan Allah adalah ibadah yang paling utama yang menghantarkan kepada ketaatan kepada Allah, yang meliputi saling kerja sama dan ta'awun di atas ketakwaan dan kebajikan, yang senantiasa dipuji dan disanjung Allah atas para pelakunya dan dikabarkan bahwa mereka adalah yang mendapatkan keberuntungan.

 

Allah berfirman, "Dan bekerjasamalah kalian diatas kebajikan dan ketakwaan, dan jangan bekerjasama di atas dosa dan permusuhan". QS. Al-Ma'idah 2.

 

Allah berfirman, "Demi masa. Sesungguhnya manusia benar-benar dalam keadaan merugi. Kecuali orang-orang yang senantiasa beriman dan beramal shaleh dan saling menasehati di dalam kebenaran dan menasehati dalam kesabaran". QS Al-Asr 1-3.

 

Di dalam Ayat pertama diperintahkan agar kita saling bekerjasama dalam kebaikan dan ketakwaan, termasuk didalamnya saling menasehati dan mengarahkan di jalan kebajikan, amar makruf nahi munkar, birru walidain, dan semisalnya yang membawa manfaat kepada para hamba, dan dilarang bekerjasama dalam dosa dan permusuhan, terkandung didalamnya pula segala apa yang mendatangkan kemurkaan Allah, seperti saling membantu dalam mengerjakan kemaksiyatan, kedholiman, maka seorang muslim dilarang saling membantu dalam perbuatan dosa, akan tetapi seyogyanya jangan sampai terlambat dalam berbuat kebajikan dan ketakwaan.

 

Adapun di dalam surat Al-Asr dijelaskan perangai orang-orang yang beruntung dan mengapai keselamatan, mereka adalah orang yang beriman dan beramal shaleh serta saling nasehat dalam jalan kebenaran dan kesabaran.

 


Silakan login untuk menulis komentar.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com