SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bimbingan Haji (1) Pada Musim Haji 1440H

Ustadz DR Abdullah Roy,MA - 2 weeks ago

Bimbingan Haji (1) Pada Musim Haji 1440H

BIMBINGAN SINGKAT AMALAN HAJI (1)

(PADA MUSIM HAJI 1440H)

 

Alhamdulillahi rabbil ‘aalamin, wa asyhadu allaa ilaaha illallaah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu wa rasuuluhuu, shallallaahu ‘alaihi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii ajma’iin wa sallama tasliiman katsiiran.

Para jamaah haji 1440 H,
tamu-tamu Allah,
semoga Allah menjaga bapak ibu sekalian dimanapun bapak ibu sekalian berada.

Pertama saya Abdullah Roy, sebagai pembina grup ini, mengucapkan ahlan wa sahlan di grup ini (Mahazi/HSI Bimbingan Haji).
Sebentar lagi bapak ibu sekalian akan memasuki hari Tarwiyah (8 Dzulhijjah), hari dimana para jamaah haji disunnahkan untuk berangkat ke Mina dan bermalam disana sebagaimana dilakukan oleh Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya.

In syaa Allah mulai hari ini, hari Kamis tanggal 7 Dzulhijjah sampai hari Rabu tanggal 13 Dzulhijjah, saya akan memposting hukum-hukum penting yang berkaitan dengan ibadah haji, selangkah demi selangkah, dengan harapan dengan cara seperti ini bisa lebih mudah dipahami.

Yang disunnahkan adalah ihram di waktu dhuha besok hari Jumat tanggal 8 Dzulhijjah, barangsiapa yang berihram tanggal 7 atau sebelum tanggal 8 maka hal ini menyelisihi sunnah dan meninggalkan yang afdhal, sah ihramnya dan tidak terkena dam.

Berkata Imam An Nawawi (wafat 676 H termasuk ulama besar dalam madzhab Asy Syafi’i) rahimahullahu:

وَسَبَقَ أَيْضًا مَرَّات أَنَّ الْأَفْضَل عِنْد الشَّافِعِيّ وَمُوَافِقِيهِ أَنَّ مَنْ كَانَ بِمَكَّة وَأَرَادَ الْإِحْرَام بِالْحَجِّ أَحْرَمَ يَوْم التَّرْوِيَة عَمَلًا بِهَذَا الْحَدِيث ، وَسَبَقَ بَيَان مَذَاهِب الْعُلَمَاء فِيهِ . وَفِي هَذَا بَيَان أَنَّ السُّنَّة أَلَّا يَتَقَدَّم أَحَد إِلَى مِنًى قَبْل يَوْم التَّرْوِيَة ، وَقَدْ كَرِهَ مَالِك ذَلِكَ ، وَقَالَ بَعْض السَّلَف : لَا بَأْس بِهِ ، وَمَذْهَبنَا أَنَّهُ خِلَاف السُّنَّة .

“Telah berlalu berkali-kali bahwa yang afdhal menurut Asy Syafi’i dan ulama-ulama yang sependapat dengan beliau bahwa barangsiapa yang ada di Mekkah dan ingin ihram haji maka dia ihram di hari Tarwiyah mengamalkan hadits ini (maksudnya: hadits Jabir bin Abdillah tentang sifat haji Nabi ). Dan telah berlalu penjelasan madzhab-madzhab para ulama di dalam masalah ini, dan dalam hal ini ada penjelasan bahwa yang sunnah adalah seseorang tidak mendahului ke Mina sebelum hari Tarwiyah, dan imam Malik membenci yang demikian, dan berkata sebagian salaf:
“Tidak masalah”, dan madzhab kami (yaitu madzhab Asy Syafi’i) sesungguhnya yang demikian menyelisihi sunnah”
(Al Minhaaj Syarh Shahih Muslim Ibnul Hajjaaj 8/180, karya Al Imam An Nawawi)

Bagi yang berangkat malam ini maka sebaiknya ihram dilakukan besok pagi di Mina, dan bagi yang ingin ihram dari sekarang kemudian menuju Mina maka tidak masalah. Wallahu a’lam.

[Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A; Pengajar Kajian Berbahasa Indonesia di Masjid Nabawi 2013-2017 M, no hp: (+6281386535957)]

Khamis 7 Dzulhijjah 1440 / 8 Agustus 2019

_____________________________________

http://www.salamdakwah.com/artikel/5222-bimbingan-haji-1-pada-musim-haji-1440h

 


Silakan login untuk menulis komentar.

ARTIKEL TERKAIT

Doa dan Dzikir Yang Komplet
Doa dan Dzikir Yang Komplet
Ustadz Abdullah Zein Lc MA - 2 years ago
Amalan Sunnah Di Bulan Dzul-Hijjah
Amalan Sunnah Di Bulan Dzul-Hijjah
Redaksi SalamDakwah - 5 years ago
Keadaan Hati Di Dalam Dada
Keadaan Hati Di Dalam Dada
Ustadz Abu Zubair Al Hawary. Lc - 5 years ago
Kematian
Kematian
Ustadz Zainal Abidin. Lc - 10 months ago
Berlapang Dada Dalam Qunut Subuh
Berlapang Dada Dalam Qunut Subuh
Ustadz Fadlan Fahamsyah. LC, MHI - 1 year ago
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com