SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Hadits Ke-51 Tentang Wanita: Perhatian Islam Terhadap Kemaslahatan Wanita (Penggunaan Minyak Wangi)

Ustadz Fuad Baraba Lc - 1 week ago

Hadits Ke-51 Tentang Wanita: Perhatian Islam Terhadap Kemaslahatan Wanita (Penggunaan Minyak Wangi)

Sebagaimana laki-laki wanita juga ketika akan melakukan ihram, diperbolehkan untuk memakai minyak wangi, namun minyak wangi bagi wanita sebagaimana telah dijelaskan pada hadits yang ke-19, yaitu yang warnanya nampak namun baunya tersembunyi.

Dan memakainya bukan pada pakaian, namun pada anggota tubuhnya.
Hal ini sebagaimana dijelaskan pada hadits berikut,

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: كُنَّا نَخْرُجُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى مَكَّةَ، فَنُضَمِّدُ جِبَاهَنَا بِالسُّكِّ الْمُطَيَّبِ عِنْدَ الإِحْرَامِ، فَإِذَا عَرِقَتْ إِحْدَانَا، سَالَ عَلَى وَجْهِهَا، فَيَرَاهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلا يَنْهَانَا. أَبُو دَاوُدَ

Dari Aisyah radhiallahu 'anha berkata:

"Kami keluar bersama Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ke Makkah, dan kami membungkus dahi kami dengan suk (sejenis minyak wangi) ketika ihram, jika salah satu dari kami berkeringat maka mengalir di atas wajahnya, maka Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melihat itu dan beliau tidak melarang kami".
(HR. Abu Daud)

Hadits yang mulia ini menunjukkan kepada kita bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tidak melarang wanita untuk memakai minyak wangi yang warnanya nampak, namun baunya tersembunyi.

Dan perlu diperhatikan, bahwa memakai minyak wangi di sini bukan yang baunya harum semerbak bahkan menyengat, yang dapat tercium oleh laki-laki, karena hal itu dapat menimbulkan fitnah dan terlarang bagi wanita.

Allahu a'lam.

Semoga bermanfaat bagi kita semua...

Sabtu 3 Dzulqo'dah 1440 / 6 Juli 2019

_____________________________________

http://www.salamdakwah.com/artikel/5211-hadits-ke-51-tentang-wanita-perhatian-islam-terhadap-kemaslahatan-wanita-penggunaan-minyak-wangi


Silakan login untuk menulis komentar.
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com