SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Hadits Ke-38 Tentang Wanita: Jangan Kau Hitung-Hitung Pemberianmu

Ustadz Fuad Baraba Lc - 2 months ago

Hadits Ke-38 Tentang Wanita: Jangan Kau Hitung-Hitung Pemberianmu

Oleh Ustadz Fuad Hamzah Baraba', Lc

JANGAN KAU HITUNG-HITUNG PEMBERIANMU

@fuadhbaraba

Hadits ketiga puluh delapan dari buku 100 hadits tentang Wanita

Pada asalnya bersedekah dengan sembunyi-sembunyi itu lebih utama, demikian pula hendaknya tidak menghitung-hitung apa yang telah disedekahkan.

Akan tetapi jika ada manfaat yang lebih besar dengan menampakkannya, maka menampakkan sedekah itu lebih utama. Agar manusia dapat mencontoh perbuatan baiknya yaitu bersedekah kepada orang yang membutuhkannya.

Dan jangan membiasakan untuk selalu menghitung-hitung pemberian kita kepada orang lain.

Dalam hadits disebutkan,

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ بْنِ سَهْلِ بْنِ حُنَيْفٍ، قَالَ : كُنَّا يَوْمًا فِي الْمَسْجِدِ جُلُوسًا، وَنَفَرٌ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ فَأَرْسَلْنَا رَجُلًا إِلَى عَائِشَةَ لِيَسْتَأْذِنَ، فَدَخَلْنَا عَلَيْهَا، قَالَتْ: دَخَلَ عَلَيَّ سَائِلٌ مَرَّةً، وَعِنْدِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَمَرْتُ لَهُ بِشَيْءٍ، ثُمَّ دَعَوْتُ بِهِ، فَنَظَرْتُ إِلَيْهِ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: *أَمَا تُرِيدِينَ أَنْ لَا يَدْخُلَ بَيْتَكِ شَيْءٌ، وَلَا يَخْرُجَ، إِلَّا بِعِلْمِكِ قُلْتُ: نَعَمْ، قَالَ: مَهْلًا يَا عَائِشَةُ، لَا تُحْصِي، فَيُحْصِيَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَيْكِ*. وأَبُوْ دَاوُدَ وَالنَّسَائِيُّ

"Dari Abu Umamah bin Sahl bin Hunaif berkata: Pada suatu hari kami duduk-duduk di masjid dengan beberapa orang dari Muhajirin dan Anshar, lalu kami menyuruh seseorang untuk meminta izin masuk ke rumah Aisyah, lalu kami masuk ke rumahnya. Aisyah berkata: suatu saat ada seseorang masuk ke rumahku dan disisiku ada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, aku menyuruhnya dan aku memanggilnya lalu melarangnya, kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Apakah engkau mau agar seseorang tidak masuk ke rumahmu dan dia tidak keluar kecuali dengan sepegetahuanmu? Aku menjawab: Ya. Beliau bersabda: Tenanglah wahai Aisyah janganlah engkau menghitung-hitung pemberianmu, maka Allah pun akan memperhitungkan apa yang telah kamu perbuat".
(HR. Abu Daud dan An-Nasai)

Hadits ini memberikan pelajaran kepada kita agar selalu ikhlas dalam beramal.

Dan hendaklah seorang wanita tidak menghitung-hitung apa yang sudah diberikannya. Termasuk dalam masalah sedekah.

Allahu a'lam.

Arbi'a 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

______________________________________________________

http://www.salamdakwah.com/artikel/5164-hadits-ke-38-tentang-wanita-jangan-kau-hitung-hitung-pemberianmu


Silakan login untuk menulis komentar.
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com