SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Hadits Ke-33 Tentang Wanita: Shaf Terbaik Wanita

Ustadz Fuad Baraba Lc - 4 months ago

Hadits Ke-33 Tentang Wanita: Shaf Terbaik Wanita

Hadits ketiga puluh tiga dari buku 100 hadits tentang Wanita


Kita semua tahu kalau wanita itu boleh shalat berjamaah di masjid, namun hendaknya dengan tetap menjaga adab-adab masjid.

Dan ketahuilah bahwa ketika mengerjakan shalat berjamaah sebaik-baiknya shaf wanita adalah shaf yang paling belakang, karena shaf yang paling belakang itu adalah shaf yang paling jauh dari laki-laki.

Karena semakin jauh seorang wanita dari laki-laki maka semakin terjaga dan terpelihara kehormatannya, dan semakin jauh dari kecenderungan terhadap kemaksiatan.

Perhatikanlah sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pada riwayat berikut

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: خَيْرُ صُفُوفِ الرِّجَالِ أَوَّلُهَا وَشَرُّهَا آخِرُهَا وَخَيْرُ صُفُوفِ النِّسَاءِ آخِرُهَا وَشَرُّهَا أَوَّلُهَا. مُسْلِمٌ، وأَبُوْ دَاوُدَ وَالتِّرْمِذِيُّ والنَّسَائِيُّ وابْنُ مَاجَةَ

Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

"Sebaik-baiknya shaf laki-laki adalah shaf terdepan dan seburuk-buruknya adalah shaf yang terakhir, dan sebaik-baiknya shaf wanita adalah shaf yang terakhir, dan seburuk-buruknya adalah shaf terdepan".
(HR. Muslim, Abu Daud, At-Tirmidzi, An-Nasai dan Ibnu Majah)

Dan jika tempat shalat wanita jauh serta terpisah dengan dinding atau pembatas lainnya, sehingga wanita itu hanya mengandalkan pengeras suara dalam mengikuti imam, maka pendapat yang kuat dalam hal ini adalah, bahwa shaf yang pertama yang lebih utama daripada shaf yang di belakangnya dan seterusnya, karena shaf terdepan ini lebih dekat kepada kiblat.

Allahu a'lam


Arbi'a 20 Rajab 1440 / 27 Maret 2019

=====================================

http://www.salamdakwah.com/artikel/5149-hadits-ke-33-tentang-wanita-shaf-terbaik-wanita


Silakan login untuk menulis komentar.
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com