SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Hadits Ke-16 Tentang Wanita: Membersihkan Ujung Gamis Wanita Yang Menyapu Lantai

Ustadz Fuad Baraba Lc - 6 months ago

Hadits Ke-16 Tentang Wanita: Membersihkan Ujung Gamis Wanita Yang Menyapu Lantai

Hadits keenam belas dari buku 100 hadits tentang Wanita


Terkadang seorang wanita menganggap bahwa ketika memakai gamis yang panjang sampai menyapu lantai itu adalah hal yang menyulitkan, karena apabila terkena kotoran akan menyulitkan mereka untuk menggantinya ketika akan shalat.

Selain itu mereka juga merasa sulit untuk menjaganya supaya Tidak terkena kotoran. Padahal tidak seperti yang mereka bayangkan. Karena sungguh mudah dalam hal ini.

Mari kita simak hadits berikut ini,

عَنْ أُمِّ وَلَدٍ لإِبْرَاهِيمَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ أَنَّهَا سَأَلَتْ أُمَّ سَلَمَةَ زَوْجَ النَّبِىِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهْ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ: إِنِّى امْرَأَةٌ أُطِيلُ ذَيْلِى وَأَمْشِيْ فِيْ الْمَكَانِ الْقَذِرِ. فَقَالَتْ:أُمُّ سَلَمَةَ: قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهْ وَسَلَّمَ « يُطَهِّرُهُ مَا بَعْدَهُ ». أَبُوْ دَاوُدَ و التِّرْمِذِيُّ وَابْنُ مَاجَةَ

Dari Ummu walad Ibrahim bin Abdurrahman bin Auf bahwa dia pernah bertanya kepada Ummu Salamah radhiallahu 'anha istri Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam,

"Sesungguhnya aku adalah seorang perempuan yang biasa memanjangkan (ukuran) pakaian (gamis)ku dan (kadang-kadang) aku berjalan di tempat yang kotor".

"Maka Ummu Salamah radhiallahu 'anha menjelaskan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Tanah selanjutnya menjadi pembersihnya'."
(HR. Abu Daud, At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Hadits ini menjelaskan kepada kita bahwa ujung gamis wanita yang menyapu lantai dan tanah sudah tersucikan oleh sapuan ujung kain gamis tersebut pada tanah berikutnya.

Allahu a'lam


Itsnain 20 Jumadil Akhir 1440 H / 25 Februari 2019

=============================

http://www.salamdakwah.com/artikel/5109-hadits-ke-16-tentang-wanita-membersihkan-ujung-gamis-wanita-yang-menyapu-lantai


Silakan login untuk menulis komentar.
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com