SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Oh Ibu Ma’afkan Anakmu Ini

Redaksi SalamDakwah - 4 months ago

Oh Ibu Ma’afkan Anakmu Ini

Oleh Ustadz Mukhsin Suaidi, Lc, M.E.I

OH IBU MA'AFKAN ANAKMU INI


Dalam kitab Sifat Shafwah 1/522 disebutkan (terjemahannya) :

Dari Muhammad bin Sirin, ia berkata: ‘Harga pohon kurma di masa Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu mencapai seribu dirham. Ia berkata: ‘Usamah radhiyallahu ‘anhu mendatangi pohon kurma, lalu menebangnya, mengeluarkan jummar nya dan memberikannya kepada ibunya. Mereka bertanya kepadanya: ‘Apa yang mendorong engkau melakukan hal ini, sedangkan engkau mengetahui harta pohon kurma sudah mencapai seribu dirham.’ Ia menjawab: ‘Sesungguhnya ibuku memintanya kepadaku, dan ia tidak meminta sesuatu kepadaku yang aku mampu melakukannya kecuali aku memberikannya kepadanya.’

Siapakah sosok Usamah tersebut:

Dia adalah Usamah bin Zaid radhiyallahu ‘anhu, orang yang dicintai Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam dan putra orang yang dicintainya. Ibunya Ummu Aiman radhiyallahu ‘anha pengasuh Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam.

Apa itu jummar:

Jummar nakhlah: yaitu lemaknya yang berada di puncak pohon kurma, ia berwarna putih, bagaikan sepotong punuk unta yang besar, biasanya dimakan dengan madu.

Berapa nilai dirham kalau dikonversi ke rupiah.
Nilai ini fluktuatif bergantung nilai perak dunia ditambah nilai cetaknya. 1 koin dirham pada hari ini ada yang 72 ribu, 85 ribu dan seterusnya lebih tinggi. Katakan bila nilainya 72 ribu kemudian kita kalikan seribu maka jadinya adalah seorang anak mengorbankan 72 juta uangnya demi menyenangkan ibunya untuk sesuatu yang bisa cepat habis dikonsumsi.

Dengan demikian pertanyaan besarnya apakah seseorang sudah merasa bangga dengan pemberian dia kepada ibunya selama ini apabila pemberiannya ke ibunya dibandingkan dengan yang diberikan oleh sahabat Usamah bin Zaid ini ke ibunya.

Bisa jadi seseorang enggan untuk berbuat baik kepada ibunya karena sikap ibunya ke dia tidaklah baik, namun ada satu pertanyaan besar apakah keburukan itu seburuk sikap ayah Nabi Ibrohim ke beliau dengan akan merajamnya dengan batu.

Allah Ta'ala berfirman menceritakan perkataan ayah nabi Ibrohim,

قَالَ أَرَاغِبٌ أَنْتَ عَنْ آلِهَتِي يَا إِبْرَاهِيمُ لَئِنْ لَمْ تَنْتَهِ لَأَرْجُمَنَّكَ وَاهْجُرْنِي مَلِيًّا

Berkata bapaknya: “Apakah kamu benci kepada tuhan-tuhanku, hai Ibrahim? jika kamu tidak berhenti, niscaya kamu akan kurajam, dan tinggalkanlah aku buat waktu yang lama”. 
(QS. Maryam: 46)

Meski sikap ayahnya demikian Nabi Ibrohim tidak membalasnya dengan keburukan serupa bahkan sikap lembut yang beliau tampakkan ke ayahnya.
Dalam Al Qur'an disebutkan:

قَالَ سَلامٌ عَلَيْكَ سَأَسْتَغْفِرُ لَكَ رَبِّي إِنَّهُ كَانَ بِي حَفِيًّا

Berkata Ibrahim: "Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu, aku akan memintakan ampun bagimu kepada Rabbku. Sesungguhnya Dia sangat baik kepadaku.

Sungguh celaka dan merugi bila seseorang sengaja meremehkan sikap ke orang tuanya mengingat adzab dunia akan Allah Ta'ala siapkan untuknya sebelum adzab akhirat menjemput.
Dalam hadits disebutkan,

بَابَانِ مُعَجَّلاَنِ عُقُو بَتُهُمَا فِى الدُّنْيَا الْبَغْىُ وَ الْعُقُوقُ

“ Dua perbuatan dosa yang Allah cepatkan adzabnya (siksanya) di dunia yaitu berbuat zhalim dan al’uquq (durhaka kepada orang tua) ”

Tulisan ini yang utama adalah menjadi bahan perenungan untuk penulis sendiri, mengingatkan penulis untuk lebih perhatian kepada orang yang penulis Allah takdirkan ada di dunia melalui perjuangan dia.
Supaya penulis tidak hanya fokus kepada orang yang dia kenal ketika dewasa dan supaya tidak hanya fokus kepada anak yang tidak bisa dibandingkan derajatnya dengan ibu.

Artikel www.salamdakwah.com


Sabtu 4 Jumadil Akhir 1440 H / 9 Februari 2019

=============================

http://www.salamdakwah.com/artikel/5088-oh-ibu-maafkan-anakmu-ini


Silakan login untuk menulis komentar.

ARTIKEL TERKAIT

Maafkan Aku Kawan..
Maafkan Aku Kawan..
Redaksi SalamDakwah - 5 years ago
Ramadhan Memecah Manusia Menjadi 4 Golongan
Ramadhan Memecah Manusia Menjadi 4 Golongan
Ustadz Fadlan Fahamsyah. LC, MHI - 2 years ago
Selamat Pagi Itu Salamnya Orang-Orang Jahiliyah
Selamat Pagi Itu Salamnya Orang-Orang Jahiliyah
Ustadz Amir As-Soronji,Lc - 1 year ago
Agama Adalah Pemersatu Yang Paling Kuat
Agama Adalah Pemersatu Yang Paling Kuat
Ustadz DR Musyaffa' Ad Dariny,MA - 11 months ago
Makna Dari Senyuman
Makna Dari Senyuman
Ustadz Fadlan Fahamsyah. LC, MHI - 2 years ago
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com