SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Wahai Syabab (Remaja) Jangan Dekati Syubhat

Ustadz Zainal Abidin. Lc - 11 months ago

Wahai Syabab (Remaja) Jangan Dekati Syubhat

Oleh Ustadz ZainaI Abidin Syamsuddin, Lc, M.M

WAHAI SYABAB (REMAJA) JANGAN DEKATI SYUBHAT


Sebagian kaum remaja ada yang sedang semangat mengaji, mendengar ceramah dan hadir ke majlis ilmu, namun sangat disayangkan kurang selektif dalam memilih guru untuk mengambil ilmu agama, akhirnya tanpa sadar mereka terjebak dalam perangkap syubhat dan kesesatan, sehingga hati mereka ibarat spons yang mudah sekali menyerap cairan apa saja yang tumpah di dalamnya, oleh sebab itu para ulama memperingatkan kita agar tidak bermajlis dengan ahli bid'ah dan mencari ilmu kepada ahli syubhat serta membaca buku-buku mereka.

Larangan mendekati majlis para tokoh penebar syubhat seperti larangan mendekati lautan yang berombak besar bagi orang yang tidak pandai berenang dikhawatirkan tenggelam.

Dengan derasnya pengaruh dunia maya dan sosmed setiap orang dengan mudah mengakses ceramah dan materi kajian ditambah muncul suatu prinsip yang menyesatkan "Ambil baiknya tinggalkan buruknya" maka berujung makin menambah tebalnya kabut syubhat yang menempel dalam hati mereka sehingga mereka tenggelam dalam lautan syubhat.

Oleh sebab itu, para ulama memperingatkan agar setiap ahli sunnah tidak bermudah-mudah dalam bermajlis, mendengar dan membaca buku-buku ahli syubhat agar hati tidak tercemar dan terkena polusi bid'ah dan syubhat karena syubhat itu menyambar sementara hati itu lemah.

قال أبو قلابه رحمه الله : لا تجالسوهم : أي أصحاب البدع _ ولا تخالطوهم .. فإني لا آمن أن يفسدوكم أو يلبسوا عليكم كثيرا مما تعرفون .

Imam Abu Qilabah rahimahullah berkata,

Janganlah kalian bermajlis dengan ahli bid'ah dan jangan bergaul dengan mereka karena aku tidak menjamin mereka tidak merusak kalian atau menimbulkan kekaburan terhadap ilmu yang kalian sudah ketahui.

قال ابن قدامه رحمه الله : كان السلف ينهون عن مجالسة أهل البدع والنظر في كتبهم والاستماع الى كلامهم وقال أبو عثمان الصابوني بعد ذكر أهل البدع : ويرون صَون آذانهم عن سماع أباطيلهم التي إذا مرت بالآذان وقرَّت فى القلوب ضرت وجرت إليها من الوساوس والخطرات الفاسده ما جرت.

Imam Ibnu Qudamah rahimahullah berkata,

Para ulama salaf melarang bermajlis dengan ahli bid'ah dan melarang membaca buku-buku mereka serta mendengarkan perkataan mereka.

Bahkan Imam Abu Ustman ash-
Shabuni berkata,

(Para ulama salaf) berpendapat keharusan menjaga telinga untuk tidak mendengarkan berbagai macam kebatilan ahli bid'ah dan syubhat bila telinga mendengarnya karena bila sudah jatuh di hati pasti membahayakan serta akan timbul berbagai macam was-was dan bisikan rusak.

قال سفيان الثوري رحمه الله :من سمع ببدعة فلا يحكها لجلسائه .. لا يُلقيها فى قلوبهم.

Imam Sufyan Ats-Tsauri rahimahullah berkata,

Barangsiapa yang mendengarkan perkara bid'ah disampaikan kepada teman-temannya dan jangan diperdengarkan ke dalam hati mereka.

قال الإمام الشافعي رحمه الله :ما ناظرت أحدا علمت أنه مقيم على بدعه

Imam Syafi'i rahimahullah berkata,

Aku tidak pernah mau berdebat dengan siapa pun kalau dia masih bersikeras dengan bid'ahnya.

.وقال الامام البيهقى معلقا : وهذا لأن المقيم على بدعته قلما يرجع بالمناظره عن بدعته وإنما كان يناظر من يرجو رجوعه إلى الحق إذا بينه له

Imam Baihaqi rahimahullah berkomentar terhadap pernyataan di atas,

karena orang yang masih bersikeras dengan kebid'ahan jarang sekali mau rujuk dengan debat dari bid'ahnya karena debat hanya dianjurkan dengan orang yang diharapkan sadar mau kembali kepada kebenaran setelah dapat penjelasan.

قال الامام ابن تيميه رحمه الله إن المبتدع الذي بنى مذهبه على أصل فاسد متى ذكرت له الحق الذي عندك ابتداء أخذ يعارضك فيه لما قام في نفسه من الشبهه .. فأعطه إياه وإلا فما دام معتقدا نقيض الحق لم يدخل الحق الى قلبه كاللوح الذي كتب فيه كلام باطل فامحه أولا ثم اكتب فيه الحق .

Imam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata,

Sesungguhnya ahli bid'ah yang telah mendasarkan prinsipnya di atas dasar yang rusak ketika diingatkan tentang kebenaran pasti menunjukkan sikap penentangan, karena di dalam dirinya telah terpatri berbagai macam syubhat. Selagi orang tersebut masih kental dengan keyakinan yang berlawanan dengan kebenaran maka kebenaran akan sulit masuk ke dalam hatinya seperti papan tulis yang digunakan untuk menulis ucapan batil maka hapus dahulu tulisan itu kemudian ganti dengan tulisan yang benar.

وكما قال الذهبى رحمه الله القلوب ضعيفه والشُبه خطافه .. وربما علقت شبهه بقلب إنسان فلا يجد لها ردا فتورده المهالك على أن الرد عليها يسير لمن يسره الله عليه ولكن الحدث الذي زاغت عينه وتعلق قلبه بالشبهة وإعجابه بقائلها لقلة علمه وإعجابه بنفسه وحبه للظهور وسماعه لشتم الانبياء والتعرض بالسباب لرب العباد وهو لا يتحرك له ساكن فهل يُظَّن أن هذا يوفق للحق بسهوله!!!!!!!!

Sebagaimana penegasan Al-Imam Adz-Dzahabi rahimahullah,

Sesungguhnya syubhat itu menyambar sementara hati itu lemah, boleh jadi syubhat tersebut terpatri di dalam hati seseorang lalu tidak punya ilmu untuk menangkalnya sehingga menjadi tawanan syubhat akhirnya terjebak dalam berbagai kehancuran.

Meskipun menangkal syubhat itu mudah bagi orang yang dimudahkan oleh Allah tetapi bagi kaum remaja dan kalangan muda yang baru mengaji yang disertai semangat menggebu-gebu maka akan mudah bertekuk lulut di hadapan syubhat apalagi sudah dibumbui dengan kekaguman kepada penebar syubhat maka akan makin mengakar dan menghujam dalam hatinya.

Maka betul sekali yang dikatakan oleh Abu Hamid al-Ghazali rahimahullah,

( يُمنع مِن البحر مَن لا يعرف السباحة ) انتهى

Dilarang menyelam di lautan bagi orang yang tidak pandai berenang.

ZainaI Abidin Syamsuddin, Lc, M.M

========================
Ahad 21 Al-Muharram 1440 H / 30 September 2018

http://www.salamdakwah.com/artikel/4953-wahai-syabab-remaja-jangan-dekati-syubhat


Silakan login untuk menulis komentar.

ARTIKEL TERKAIT

Hukum Membuang Makanan di Sampah
Hukum Membuang Makanan di Sampah
Ustadz Ammi Nur Baits - 3 years ago
Renungan: Setelah Ramadhan dan Idul Fitri
Renungan: Setelah Ramadhan dan Idul Fitri
Ustadz DR Musyaffa' Ad Dariny,MA - 2 years ago
Rahasia Kekalahan Umat Islam
Rahasia Kekalahan Umat Islam
Ustadz Zainal Abidin. Lc - 2 years ago
Jauhkan Anak Dari Ikhtilat
Jauhkan Anak Dari Ikhtilat
Ustadz Abdullah Zein Lc MA - 1 year ago
Hadits Lemah Seputar Kuliner
Hadits Lemah Seputar Kuliner
Ustadz Zainal Abidin. Lc - 9 months ago
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com