SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Siapa Bilang Khawarij Sudah Hilang?

Ustadz Abu Ubaidah As-Sidawi - 2 weeks ago

Siapa Bilang Khawarij Sudah Hilang?

Oleh Ustadz Abu Ubaidah As Sidawi

SIAPA BILANG KHAWARIJ SUDAH HILANG ?

Abu Ubaidah As Sidawi


Tragedi penyerangan para teroris kepada aparat kepolisian yang menewaskan beberapa orang adalah bukti bahwa paham Khawarij masih berkeliaran, tidak seperti klaim sebagian yang menganggap bahwa paham tersebut telah terpendam ditelan zaman.

Tragedi ini menyingkap kepada kita akan betapa bahayanya paham Khowarij bagi masyarakat dan negara. Dan menyingkap topeng sebagian kalangan yang "bertepuk tangan" atas tragedi tersebut.

Saudaraku,
Pemikiran khawarij yang gegabah mengkafirkan tanpa dalil termasuk virus yang sangat berbahaya bagi umat karena berdampak menghalalkan darah, harta dan kehormatan umat dengan alasan taqorrub (mendekatkan diri) kepada Allah dan mengharapkan pahala di sisi Allah.

Pemikiran ini juga masih berkembang hingga sekarang di tengah-tengah umat, khususnya para pemuda dan para aktivis yang terpengaruh dengan pemikiran-pemikiran khowarij sehingga menyebarlah di tengah-tengah mereka pemahaman tentang kafirnya pemimpin dan para pejabatnya, bahkan mereka sampai berani mengkafirkan para ulama kaum muslimin!!

Lebih parah lagi, di antara mereka ada yang berani mengkafirkan semua masyarakat Islam di belahan bumi ini tanpa terkecuali!!

Hal ini sesuai dengan hadits:

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ يَقُوْلُُ : يَنْشَأُ نَشْأٌ يَقْرَأُوْنَ الْقُرْآنَ لاَ يُجَاوِزُ تَرَاقِيَهُمْ كُلَّمَا خَرَجَ فَرْقٌ قُطِعَ حَتَّى يَخْرُجَ فِيْ أَعْرَاضِهِمْ الدَّجَّالُ

Dari Ibnu Umar berkata: Saya mendengar Rasulullah bersabda:
Akan muncul suatu kelompok yang membaca Al-Quran tetapi tak sampai pada tenggorokan mereka. Setiap kali muncul, mereka dibasmi habis sehingga keluar pada pasukan mereka Dajjal.
(Hasan. Diriwayatkan Ibnu Majah no. 174 dan dihasankan Al-Albani dalam Ash-Shahihah no. 2455)

Hadits di atas sangat gamblang menjelaskan bahwa kelompok khawarij akan terus muncul pada setiap masa hingga akhir zaman.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata:
"Nabi telah mengabarkan dalam banyak hadits bahwa mereka akan tetap muncul hingga zamannya Dajjal. Kaum muslimin telah bersepakat bahwa khowarij bukan terbatas hanya pada pasukan tersebut saja".
(Majmu' Fatawa 28/496)

Syaikh al-Albani juga membuat suatu bab untuk hadits ini dengan ucapan beliau "Terus Menerusnya Kemunculan Khawarij".
(Silsilah Ahadits Ash-Shahihah 5/582/no. 2455)

Demikianlah sunnatullah pada kelompok khawarij dan yang meniti jalan mereka, yaitu bermunculan kemudian ditepis, baik oleh ilmu dan hujjah para ulama, atau dengan ancaman para penguasa, atau dengan kedua-duanya.
(Al-Iraq Fii Ahadits Waa Atsaril Fitan 1/62-63 dan At-Tahdzibul Hasan hlm. 28-29 oleh Syaikh Masyhur bin Hasan Salman)

Ini adalah suatu bukti kongkrit bagi kita bahwa sekalipun nama khawarij seakan sudah terbang dari permukaan, tetapi mereka tetap tampil dengan nama dan topeng baru yang menipu. Maka sungguh salah sebagian kalangan yang menganggap bahwa sejarah khawarij telah berakhir dan mereka sudah tiada lagi pada zaman sekarang.

Ingatlah bahwa perubahan nama tidaklah dapat merubah hakekat yang ada, syirik tetap disebut syirik walaupun namanya dirubah menjadi tawassul, tabarruk atau mencari syafaat..khamr tetap saja khamr sekalipun diganti namanya dengan Wiski, Brendi atau Narkoba.
Demikian pula khawarij tetap saja khawarij walau ganti penampilan dan baju baru. Dan suatu hal yang telah disepakati oleh semua ahli ilmu bahwa "Perubahan nama tidaklah merubah hakekat hukum".
(Lihat I'lamul Muwaqqi'in 4/532 karya Imam Ibnul Qoyyim, tahqiq Masyhur bin Hasan)

Kesimpulannya pemikiran takfir adalah dicetuskan pertama kali oleh kaum Khowarij yang diingkari secara keras oleh para sahabat Nabi. Oleh karena itu, pemikiran takfir adalah syiar pengekor hawa nafsu maka kewajiban bagi kita untuk menempuh jalan generasi terbaik setelah Rasulullah.
(Al-Wafii Fi Ikhtishori Syarh Aqidah Thohawi hlm. 136 oleh Syaikh Shalih bin Abdul Aziz Alu Syaikh)

================================
Khamis 24 Sya'ban 1439 H / 10 Mei 2018

http://www.salamdakwah.com/artikel/4815-siapa-bilang-khawarij-sudah-hilang


Silakan login untuk menulis komentar.

ARTIKEL TERKAIT

Allah Tidak Mungkin Salah
Allah Tidak Mungkin Salah
Ustadz Maududi Lc - 1 year ago
Keutamaan Membaca Al Quran Dalam Shalat
Keutamaan Membaca Al Quran Dalam Shalat
Ustadz Kurnaedi Lc - 2 years ago
Keberkahan Ilmu
Keberkahan Ilmu
Ustadz Abu Fairuz Ahmad, MA - 2 years ago
Bibi Itu Seperti Ibu
Bibi Itu Seperti Ibu
Ustadz Ammi Nur Baits - 2 years ago
Al Quran, Kitab Yang Allah Berkahi
Al Quran, Kitab Yang Allah Berkahi
Ustadz DR Musyaffa' Ad Dariny,MA - 11 months ago
Renungan Untuk Aktivis dan Pejuang Dakwah Salafiyah...
Renungan Untuk Aktivis dan Pejuang Dakwah Salafiyah...
Ustadz Fadlan Fahamsyah. LC, MHI - 2 years ago
Jangan Menyepelekan Kebaikan Sekecil Apapun
Jangan Menyepelekan Kebaikan Sekecil Apapun
Ustadz Abu Fairuz Ahmad, MA - 3 years ago
© 2018 - Www.SalamDakwah.Com