SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Berapa Kali Mengkhatamkan Qur'an Di Bulan Ramadhan?

Ustadz Yulian Purnama - 2 months ago

Berapa Kali Mengkhatamkan Qur'an Di Bulan Ramadhan?

Oleh Ustadz Yulian Purnama

BERAPA KALI MENGKHATAMKAN QUR'AN DI BULAN RAMADHAN ?


https://youtu.be/vj6ajER77Cw

Syaikh Musthafa Al Adawi dalam video ini menjelaskan kisah imam Syafi'i mengkhatamkan Quran 60x di bulan Ramadhan ini tidak bisa dipastikan kesahihannya. Dan beliau menganggap hal tersebut salah satu dari kisah-kisah takhorif (kisah aneh).

Dan memang dalam kitab Siyar A'lamin Nubala banyak kisah seperti ini yang tidak dikomentari oleh Adz Dzahabi. Seperti Abu Hanifah shalat malam 300 rakaat. Ibnu Taimiyah membaca Al Fatihah dari Subuh sampai Zhuhur. Ini semua tidak dipastikan kesahihannya.

Dan hendaknya semua amalan ini kita kembalikan pada dalil. Adakah contoh dari Nabi atau para sahabat?


https://youtu.be/nvcfuDqrO98

Di video ini beliau jelaskan bahwa yang merupakan sunnah Nabi adalah hanya 1x khatam saja di bulan Ramadhan. Sebagaimana hadits Bukhari-Muslim bahwa malaikat Jibril mengulang hafalan Nabi di bulan Ramadhan, 1 kali khatam.

Namun yang diperbanyak adalah tadabbur dan mempelajari Al Qur'an. Boleh khatam berkali-kali, maksimal per 3 hari sekali khatam sebagaimana bimbingan Nabi kepada para sahabat.

Namun, ulama lain seperti Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin menganjurkan untuk khatam 5x atau 10x di bulan Ramadhan. Dan juga dibarengi dengan memperbanyak tadabbur dan mempelajari makna-makna Al Qur'an.

Intinya, di bulan Ramadhan perbanyaklah interaksi dengan Al Qur'an. Baik tilawah, tadabbur, belajar tajwid, membaca tafsir, belajar ushul tafsir, belajar fikih dari ayat-ayat ahkam dan aktifitas lainnya terhadap Al Qur'an. Karena bulan Ramadhan adalah bulan Al Qur'an.

@fawaid_kangaswad

_____________________________________
Khamis 14 Sya'ban 1443 / 17 Maret 2022

http://www.salamdakwah.com/artikel/4750-berapa-kali-mengkhatamkan-quran-di-bulan-ramadhan


Silakan login untuk menulis komentar.

ARTIKEL TERKAIT

© 2022 - Www.SalamDakwah.Com