SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Tafsir QS. Al Baqoroh: 30

Ustadz Abu Islama Imanudin Lc - 2 weeks ago

Tafsir QS. Al Baqoroh: 30

Oleh Ustadz Abu Islama Imanuddin, MA

Tafsir QS. Al Baqoroh : 30

✍🏼 Abu Islama Imanuddin


Allah Subhaanahu wata'ala berfirman :

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

"Ingatlah ketika Robbmu berfirman kepada para Malaikat: Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi. Mereka berkata: Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau? Dia berfirman: Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

Surah Al-Baqarah (2:30)

---

• As Syaikh Abdurrahman bin Nashir as Sa'dy menjelaskan ayat tersebut dalam tafsirnya :

هذا شروع في ذكر فضل آدم عليه السلام أبي البشر أن الله حين أراد خلقه أخبر الملائكة بذلك, وأن الله مستخلفه في الأرض.

"Ayat ini adalah ayat yang mengawali penyebutan Allah tentang keutamaan Adam 'alaihissalam sebagai bapaknya seluruh manusia. Ketika Allah akan menciptakannya, Allah mengkabarkan maksudnya kepada para Malaikat dan akan menjadikannya sebagai Khalifah di atas muka bumi ini."

• Ibnu Katsir ketika menjelaskan makna Khalifah, beliau menjelaskannya dalam tafsir beliau :

إني جاعل في الأرض خليفة" أي قوما يخلف بعضهم بعضا قرنا بعد قرن وجيلا بعد جيل كما قال تعالى "هو الذي جعلكم خلائف الأرض" وقال "ويجعلكم خلفاء الأرض" وقال "ولو نشاء لجعلنا منكم ملائكة في الأرض يخلفون"

Beliau mengatakan :
"yaitu ; menjadikannya suatu kaum yang sebagiannya akan mengantikan sebagian yang lain dari satu masa ke masa berikutnya dan dari satu generasi ke generasi berikutnya sebagaimana Allah berfirman :

وَهُوَ الَّذِي جَعَلَكُمْ خَلَائِفَ الْأَرْضِ وَرَفَعَ بَعْضَكُمْ فَوْقَ بَعْضٍ دَرَجَاتٍ لِيَبْلُوَكُمْ فِي مَا آتَاكُمْ ۗ إِنَّ رَبَّكَ سَرِيعُ الْعِقَابِ وَإِنَّهُ لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

"Dan Dialah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi dan Dia meninggikan sebahagian kamu atas sebahagian (yang lain) beberapa derajat, untuk mengujimu tentang apa yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Robbmu amat cepat siksaan-Nya dan sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Surah Al-An'am (6:165)

Allah juga berfirman :

أَمَّنْ يُجِيبُ الْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاءَ الْأَرْضِ ۗ أَإِلَٰهٌ مَعَ اللَّهِ ۚ قَلِيلًا مَا تَذَكَّرُونَ

"Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati(Nya)."

Surah An-Naml (27:62)

Allah juga berfirman :

وَلَوْ نَشَاءُ لَجَعَلْنَا مِنْكُمْ مَلَائِكَةً فِي الْأَرْضِ يَخْلُفُونَ

"Dan kalau Kami kehendaki benar-benar Kami jadikan sebagai gantimu di muka bumi malaikat-malaikat yang turun temurun."

Surah Az-Zukhruf (43:60)
...."(Tafsir Ibnu Katsir).

Kita sudah mengetahui, apa tujuan Allah menciptakan manusia, yaitu dalam rangka memakmurkan bumi Allah untuk beribadah kepada Allah semata, sebagaimana Allah berfirman :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

"Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku."

Surah Az-Zariyat (51:56)

Dan Allah tidak membutuhkan manusia tapi manusialah yang sangat membutuhkan Allah Subhaanahu wata'ala, sebagaimana firmanNya :

مَا أُرِيدُ مِنْهُمْ مِنْ رِزْقٍ وَمَا أُرِيدُ أَنْ يُطْعِمُونِ

"Aku tidak menghendaki rezeki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya mereka memberi-Ku makan."

Surah Az-Zariyat (51:57)

Ada beberapa faidah yang bisa kita ambil dari ayat ke 30 surat al Baqoroh ini :

🌾Manusia yang pertama kali diciptakan Allah di atas muka bumi ini adalah Adam 'alaihissalam.

🌾Allah dengan kekuasanNya dan kehendakNya, menjadikan manusia ditempatkan di bumi ini, bukan para malaikat.

🌾Allah memuliakan manusia dengan kehendakNya dan memuliakan makhluk lainnya dengan kehendakNya juga.

🌾Allah memuliakan manusia dengan iman dan ilmu bukan dengan harta dan nasab.

🌾Allah Maha Menciptakan makhlukNya dan Maha Mengetahui apa yang diciptakanNya dari Mashlahat dan Mafsadatnya.

🌾Persangkaan makhluk tidak akan pernah bisa mengalahkan ilmu Allah. Dan manusia hidup harus mengikuti persangkaan Allah Ta'ala, diantara bentuk persangkaan kita kepada Allah bahwa tidaklah Allah menciptakan manusia ini untuk perkara yang sia-sia.

🌾Maksud al Ifsad (merusak di bumi) oleh manusia adalah perbuatan maksiat atau pelanggaran manusia terhadap ketetapan-ketetapan Allah, diantaranya adalah pembunuhan terhadap jiwa manusia.

🌾Ayat ini juga menjelaskan berapa besarnya dosa dari membunuh seorang manusia dan lebih besar lagi membunuh seorang muslim yang beriman kepada Allah.

🌾Malaikat adalah makhluk yang selalu bertasbih dan mensucikan Allah dengan tidak ada penentangan terhadap Allah sedikitpun dan senantiasa tunduk dan patuh terhadap perintah Allah.

🌾Sifat dasar manusia saat diciptakan Allah dalam keadaan tidak berilmu, dan kalaupun berilmu maka ilmu itu satangnya dari Allah dan ilmu yang Allah berikan kepada manusia hanyalah sedikit.

Akhirnya, semoga Allah menjadikan kita semua sebagai manusia-manusia yang taat kepada Allah, manusia yang selalu tunduk dan patuh kepadaNya serta manusia yang mengetahui hak-hak Allah dan menjalankan kewajibannya..amiin.

Cikarang, 5 Juli 2017
Abu Islama Imanuddin

________________________________
Dipost Ustadz Abu Islama Imanuddin, MA -hafizhahullah- Tsulasa 17 Syawwal 1438 / 11 Juli 2017

🌏 http://www.salamdakwah.com/artikel/4399-tafsir-qs-al-baqoroh-30


Silakan login untuk menulis komentar.
© 2017 - Www.SalamDakwah.Com