SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Pokok-Pokok Aqidah Islam

Ustadz Abu Islama Imanudin Lc - 2 weeks ago

Pokok-Pokok Aqidah Islam

Oleh Ustadz Abu Islama Imanuddin, MA

Pokok-Pokok Aqidah Islam

✍🏼 Abu Islama Imanuddin


MENGENALI dan memahami aqidah Islam hukumnya wajib. Secara khusus, mengamalkan konsekuensi dari pokok dan dasar-dasar dalam beraqidah adalah sesuatu yang menjadikan seorang muslim lurus dalam beragama.

Apa itu pokok-pokok dalam beraqidah Islam? Allah menjelaskan hal ini dalam fitmanNya :

لَيْسَ الْبِرَّ أَنْ تُوَلُّوا وُجُوهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلَٰكِنَّ الْبِرَّ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَالْمَلَائِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّينَ وَآتَى الْمَالَ عَلَىٰ حُبِّهِ ذَوِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَالسَّائِلِينَ وَفِي الرِّقَابِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَالْمُوفُونَ بِعَهْدِهِمْ إِذَا عَاهَدُوا ۖ وَالصَّابِرِينَ فِي الْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ وَحِينَ الْبَأْسِ ۗ أُولَٰئِكَ الَّذِينَ صَدَقُوا ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُتَّقُونَ

"Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya) ; dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa."

Surah Al-Baqarah (2:177)

Al Imam Ibnu Katsir rahimahullah berkata :

وأما الكلام على تفسير هذه الآية فإن الله تعالى لما أمر المؤمنين أولا بالتوجه إلى بيت المقدس ثم حولهم إلى الكعبة شق ذلك على نفوس طائفة من أهل الكتاب وبعض المسلمين فأنزل الله تعالى بيان حكمته في ذلك وهو أن المراد إنما هو طاعة الله عز وجل وامتثال أوامره والتوجه حيثما وجه واتباع ما شرع فهذا هو البر والتقوى والإيمان الكامل وليس في لزوم التوجه إلى جهة من المشرق أو المغرب بر ولا طاعة إن لم يكن عن أمر الله وشرعه ولهذا قال "ليس البر أن تولوا وجوهكم قبل المشرق والمغرب ولكن البر من آمن بالله واليوم الآخر"

Adapun tafsir ayat ini, ketika Allah memerintahkan orang-orang mukmin pertama kali menghadapkan wajah-wajah mereka ke arah Baitul Maqdis (Palestina) kemudian Allah memerintahkan untuk pindah beralih menghadap ke Ka'bah Baitullah al harom (Mekkah), hal ini sangat berat hati bagi sebagian Ahli Kitab dan kaum muslimin. Maka Allah menjelaskan hikmah dibalik pengalihan ini melalui turunnya ayat ini, bahwa yang dimaksud dengan kebajikan itu adalah ketaatan kepada Allah dengan melaksanakan perintahNya dan meninggalkan laranganNya serta menghadapkan diri kita dalam beribadah sesuai apa yang diperintahkanNya. Inilah kebajikan, ketaqwaan dan kesempurnaan iman, bukan semata menghadapkan ke Timur dan Barat dianggap sebagai suatu ketaatan. Untuk itulah Allah menurunkan ayat ini".

(Tafsir Ibnu Katsir)

Lalu menjelaskan kebajikan itu adalah :

1. Iman kepada Allah.
2. Iman kepada Hari akhir
3. Iman kepada para Malaikat.
4. Iman kepada Kitab-kitab.
5. Iman kepada para Nabi.

Hal inilah 5 pokok atau dasar Aqidah Islam yang sering disebut dengan RUKUN IMAN, yang menjadi dasar dan pijakan bagi terbangunnya keislaman secara sempurna, sebagaimana pada kelanjutan ayat ini; yaitu memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan".

Lalu muncul pertanyaan, bukannya Rukun Iman itu ada 6 sebagai dasar dalam beraqidah?
Jawabannya : benar. Yaitu Beriman kepada Qodho dan Qodar Allah.
Allah tetapkan dasar aqidah yang ke 6 ini pada ayat yang terpisah :

إِنَّا كُلَّ شَيْءٍ خَلَقْنَاهُ بِقَدَرٍ

"Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran."

Surah Al-Qamar (54:49)

Ayat 49 surat al Qomar ini yang menjadi dalil adanya pokok aqidah yang ke-6, yang wajib diyakini oleh setiap muslim. Karena siapa saja dari muslim yang tidak mengimani salah satu dari 6 pokok aqidah ini maka dia termasuk golongan yang tersesat. Allah berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۚ وَمَنْ يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

"Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya."

Surah An-Nisa' (4:136)

Nabi kita yang mulia, Muhammad shallallaahu 'alaihi wasallam menegaskan dalam hadits yang shahih, dalam hadits ke-2 di kitab al arba'in an Nawawiyah, yang sering disebut Hadits Jibril.
Jibril bertanya kepada Rosulullah ; Apa itu al iman (keimanan) ?
Rosulullah menjawab :

الإيمان ان تؤمن بالله وملائكته وكتبه ورسله واليوم الأخر وتؤمن بالقدر خيره وشره

"Iman itu engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabnya, para RosulNya, hari akhir dan engkau mengimani Taqdir Allah yang baik atau buruk."

(HR. Muslim dari Sahabat Umar bin Khthab radhyallaahu 'anhu)

Demikianlah pokok-pokok dalam beraqidah untuk kita kenali terlebih dahulu. Bagaimana cara kita mengimani masing-masing dari pokok-pokok ini? In syaa Allah pada tulisan berikutnya akan kita bahas, semoga hal ini bermanfaat untuk penulis dan jamaah sekalian.

وصلى الله على نبينا محمد وعلى أله وصحبه وسلم تسليما والحمد لله رب العالمين.

Cikarang, 7 Juli 2017
Abu Islama Imanuddin

______________________________
Dipost Ustadz Abu Islama Imanuddin, MA -hafizhahullah- Jumuah 17 Syawwal 1438 H / 11 Juli 2017

🌏 http://www.salamdakwah.com/artikel/4397-pokok-pokok-aqidah-islam


Silakan login untuk menulis komentar.
© 2017 - Www.SalamDakwah.Com