SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Keutamaan Mendidik Anak

Ustadz Abu Islama Imanudin Lc - 2 years ago

Keutamaan Mendidik Anak

Oleh Ustadz Abu Islama Imanuddin, MA

Keutamaan Mendidik Anak

โœ๐Ÿผ Abu Islama Imanuddin


MENDIDIK ANAK, adalah kewajiban kita sebagai orang tua. Allah Jalla jalaaluhu berfirman memerintahkan setiap kita sebagai orang tua untuk mendidik anak-anak sebagai bagian dari amanah yang akan diminta pertanggungjawabannya kelak di hadapan Allah.

Tujuan mendidik anak kita ada 2 yaitu Membawa anak kita ke Surga dan Menjauhkan anak kita dari ancaman Neraka.
Allah berfirman :

ูŠูŽุง ุฃูŽูŠูู‘ู‡ูŽุง ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ู‚ููˆุง ุฃูŽู†ู’ููุณูŽูƒูู…ู’ ูˆูŽุฃูŽู‡ู’ู„ููŠูƒูู…ู’ ู†ูŽุงุฑู‹ุง ูˆูŽู‚ููˆุฏูู‡ูŽุง ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณู ูˆูŽุงู„ู’ุญูุฌูŽุงุฑูŽุฉู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ู…ูŽู„ูŽุงุฆููƒูŽุฉูŒ ุบูู„ูŽุงุธูŒ ุดูุฏูŽุงุฏูŒ ู„ูŽุง ูŠูŽุนู’ุตููˆู†ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ู…ูŽุง ุฃูŽู…ูŽุฑูŽู‡ูู…ู’ ูˆูŽูŠูŽูู’ุนูŽู„ููˆู†ูŽ ู…ูŽุง ูŠูุคู’ู…ูŽุฑููˆู†ูŽ

"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan."

Surah At-Tahrim (66:6)

Sebagaimana Allah juga kita minta agar senantiasa mengkaruniakan istri dan keturunan yang sholih :

ูˆูŽุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู„ููˆู†ูŽ ุฑูŽุจูŽู‘ู†ูŽุง ู‡ูŽุจู’ ู„ูŽู†ูŽุง ู…ูู†ู’ ุฃูŽุฒู’ูˆูŽุงุฌูู†ูŽุง ูˆูŽุฐูุฑูู‘ูŠูŽู‘ุงุชูู†ูŽุง ู‚ูุฑูŽู‘ุฉูŽ ุฃูŽุนู’ูŠูู†ู ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ู’ู†ูŽุง ู„ูู„ู’ู…ูุชูŽู‘ู‚ููŠู†ูŽ ุฅูู…ูŽุงู…ู‹ุง

"Dan orang orang yang berkata: Ya Robb kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa."

Surah Al-Furqan (25:74)

Al Imam Ibnul Qoyyim rahimahullah berkata :

*"ูู…ุง ุฃูุณุฏ ุงู„ุฃุจู†ุงุก ู…ุซู„ ุชูุฑูŠุท ุงู„ุฃุจุงุก ูˆุฅู‡ู…ุงู„ู‡ู… ูˆุงุณุชุณู‡ุงู„ู‡ู… ุดุฑุฑ ุงู„ู†ุงุฑ ุจูŠู† ุงู„ุซูŠุงุจุŒ ูุฃูƒุซุฑ ุงู„ุฃุจุงุก ูŠุนุชู…ุฏูˆู† ู…ุน ุฃูˆู„ุงุฏู‡ู… ุฃุนุธู… ู…ุง ูŠุนุชู…ุฏ ุงู„ุนุฏูˆ ุงู„ุดุฏูŠุฏ ุงู„ุนุฏุงูˆุฉ ู…ุน ุนุฏูˆู‡ ูˆู‡ู… ู„ุงูŠุดุนุฑูˆู†. ููƒู… ู…ู† ูˆุงู„ุฏ ุญุฑู… ูˆู„ุฏู‡ ุฎูŠุฑ ุงู„ุฏู†ูŠุง ูˆุงู„ุฃุฎุฑุฉ ูˆุนุฑุถู‡ ู„ู‡ู„ุงูƒ ุงู„ุฏู†ูŠุง ูˆุงู„ุฃุฎุฑุฉ ูˆูƒู„ ู‡ุฐุง ุนูˆุงู‚ุจ ุชูุฑูŠุท ุงู„ุฃุจุงุก ููŠ ุญู‚ูˆู‚ ุงู„ู„ู‡ ูˆุฅุถุงุนุชู‡ู… ู„ู‡ุง ูˆุฅุนุฑุงุถู‡ู… ุนู…ุง ุฃูˆุฌุจ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ู… ู…ู† ุงู„ุนู„ู… ุงู„ู†ุงูุน ูˆุงู„ุนู…ู„ ุงู„ุตุงู„ุญ"*

"Betapa besar kerusakan yang akan diperoleh anak-anak karena sebab kurangnya orang tua dalam mendidik mereka. Mereka menyepelekan dan menganggap enteng adanya percikan-percikan api mengenai baju anak-anaknya (padahal ia akan membakarnya, -pent). Kebanyakan orang tua terlalu besar menyerahkan urusan pendidikan kepada kemauan anak-anaknya bahkan lebih besar dari sikap kehati-hatian musuh terhadap lawannya, akan tetapi orang tua ini tidak menyadarinya. Berapa banyak orang tua menghalangi anaknya untuk mendapatkan kebaikan dunia dan akhiratnya, bahkan menghamparkan kebinasaan dunia dan akhirat kepada anak-anaknya. Hal ini semua akibat dari sikap lemah dan cueknya orang tua terhadap hak-hak Allah, serta sikap penentangan orang tua terhadap apa yang telah Allah wajibkan kepada mereka untuk mendidik anak-anak mereka dengan ilmu yang bermanfaat dan amal sholih."

(Tuhfatul Mauduud hal.402)

Faidah yang bisa kita petik dari nash-nash di atas :

๐ŸƒSetiap kita wajib mendidik diri kita dan anak-anak kita agar mengenal apa yang menjadi hak-hak Allah.

๐ŸƒTujuan pendidikan ada 2, yaitu Mengajak diri dan keluarga ke Surga dan Menjauhkannya dari ancaman neraka.

๐ŸƒDianjurkannya selalu berdoa memohon keshalihan untuk diri, istri dan anak keturunan. Dan keshalihan merupakan jalan menuju Surga.

๐ŸƒKeshalihan tidak akan pernah diperoleh dengan bersantai-santai apalagi membiarkan badan lunglai di hadapan nafsu syahwat, tapi keshalihan didapat dengan mujahadah atau sungguh-sungguh membekali diri dengan iman, taqwa, ilmu dan amal.

๐ŸƒKedurhakaan anak tidak selalu karena kenakalannya tapi lebih besar ditimbulkan dari ketidakshalihan orang tuanya. Orang tua yang shalih yang layak menjadi qudwah (keteladanan) akan mewariskan keshalihan kepada anak-anaknya.

๐ŸƒKesuksesan dalam mendidik keshalihan anak lebih muncul dari sikap kesederhanaan, ketawadhu'an dan ketiadaan daripada hamparan kekayaan harta dan sikap berlebihan. Karena kaidah keshalihan mengatakan bahwa

"Ilmu itu imam bagi harta dan harta menjadi makmum dari ilmu."

Semoga faidah-faidah ini bermanfaat bagi kita semua, amin.

ูˆุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ู†ุจูŠู†ุง ู…ุญู…ุฏ ูˆุฃุฎุฑ ุฏุนูˆุงู†ุง ุฃู† ุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ุฑุจ ุงู„ุนุงู„ู…ูŠู†.

Cikarang, 6 Juli 2017
Abu Islama Imanuddin

________________________________
Dipost Ustadz Abu Islama Imanuddin, MA -hafizhahullah- Khamis 17 Syawwal 1438 H / 11 Juli 2017

๐ŸŒ http://www.salamdakwah.com/artikel/4394-keutamaan-mendidik-anak


Silakan login untuk menulis komentar.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Mentalqin Mayit
Cara Mentalqin Mayit
Ustadz Ammi Nur Baits - 3 years ago
Pokok-Pokok Aqidah Islam
Pokok-Pokok Aqidah Islam
Ustadz Abu Islama Imanudin Lc - 2 years ago
Perjuangan Yang Paling Berat Dalam Hidup
Perjuangan Yang Paling Berat Dalam Hidup
Ustadz DR. Muhammad Nur Ihsan - 2 years ago
Pesan dan Wasiat Untuk Para Pendidik
Pesan dan Wasiat Untuk Para Pendidik
Ustadz Zainal Abidin. Lc - 2 years ago
Beberapa Hal Yang Dilakukan Di Bulan Syaban
Beberapa Hal Yang Dilakukan Di Bulan Syaban
Redaksi SalamDakwah - 5 years ago
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com