SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Ada Apa Dengan Surat Al-Ikhlas ? (Edisi 1)

Ustadz Abdurrahman Thoyyib,Lc - 3 years ago

Ada Apa Dengan Surat Al-Ikhlas ? (Edisi 1)

Oleh Ustadz Abdurrahman Thoyyib, Lc

 

ADA APA DENGAN SURAT AL-IKHLAS?

(Edisi 1)

 

Allah Ta'ala menurunkan Al-Qur’an Al-Karim sebagai petunjuk bagi manusia. 

Allah Ta'ala berfirman:

شَہۡرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلۡقُرۡءَانُ هُدً۬ى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَـٰتٍ۬ مِّنَ ٱلۡهُدَىٰ وَٱلۡفُرۡقَانِ‌ۚ

"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)." 

(QS. Al-Baqarah : 185)

 

Dan hal ini mengharuskan agar manusia membaca dan mentadabburi isinya. Oleh karenanya Allah Ta'ala berfirman:

أَوۡ زِدۡ عَلَيۡهِ وَرَتِّلِ ٱلۡقُرۡءَانَ تَرۡتِيلاً   

"Dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan." 

(QS. Al-Muzammil : 4)

 

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ ٱلۡقُرۡءَانَ‌ۚ وَلَوۡ كَانَ مِنۡ عِندِ غَيۡرِ ٱللَّهِ لَوَجَدُواْ فِيهِ ٱخۡتِلَـٰفً۬ا ڪَثِيرً۬ا

"Maka Apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran? Kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya." 

(QS. An-Nisa’ : 82)

 

Diantara ayat-ayat Al-Qur’an yang wajib untuk kita mentadabburinya adalah ayat-ayat yang terdapat di dalam surat Al-Ikhlas. Setiap kita -insya Allah- tidak asing dengan surat Al-Ikhlas, surat yang hanya terdiri dari 4 ayat, yang sejak kecil barangkali kita sudah menghafalkannya. Namun tahukah kita tentang sebab nuzul/turunnya, keutamaannya, sebab penamaannya serta kandungan isinya? Marilah kita bersama-sama merenungkannya.

 

✔ Sebab Nuzul (turunnya) Surat Al-Ikhlas

Disebutkan dalam tafsir Imam Ibnu Katsir rahimahullahu bahwa sebab turunnya surat tersebut adalah pertanyaan yang diajukan oleh kaum musyrikin kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam: “Sebutkan kepada kami nasab Rabbmu?” Maka Allah pun menurunkan surat Al-Ikhlas ini." 

(HR. Ahmad dan Tirmidzi)

 

✔ Keutamaan Surat Al-Ikhlas

1. Surat Al-Ikhlas sepertiga Al-Qur’an

عن أبي الدرداء عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال : أيعجز أحدكم أن يقرأ في ليلة ثلث القرآن ؟ . قالوا : وكيف يقرأ ثلث القرآن ؟ قال : ( قل هو الله أحد ) تعدل ثلث القرآن. 

Dari Abu Darda’ radhiyallahu 'anhu dari nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda: Apakah salah seorang dari kalian tidak sanggup membaca sepertiga Al-Qur’an di kala malam hari? para sahabat berkata: Bagaimana sepertiga Al-Qur’an (dibaca dalam satu malam)? Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Surat Al-Ikhlas sebanding dengan sepertiga Al-Qur’an. 

(HR. Muslim)

 

2. Surat Al-Ikhlas mengantarkan kepada kecintaan Allah

عَنْ عَائِشَةَ رضي الله عنها أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثَ رَجُلا عَلَى سَرِيَّةٍ فَكَانَ لا يَقْرَأُ لأَصْحَابِهِ فِي صَلاتِهِمْ فَخَتَمَ بِـ )قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ(, فَلَمَّا رَجَعُوا ذَكَرُوا ذَلِكَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , فَقَالَ : " سَلُوهُ لأَيِّ شَيْءٍ يَصْنَعُ ذَلِكَ ؟ " فَسَأَلُوهُ , فَقَالَ : لأَنَّهَا صِفَةُ الرَّحْمَنِ وَأَنَا أُحِبُّ أَنْ أَقْرَأَ بِهَا , فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " فَأَخْبِرُوهُ أَنَّ اللَّهَ يُحِبُّهُ " .

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwasanya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah mengutus seorang (panglima) pasukan perang. Dan orang tersebut selalu membacakan dalam shalatnya surat Al-Ikhlas. Ketika pasukannya telah kembali pulang, mereka menanyakannya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Maka Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berkata: Tanyakan kepada orang tersebut kenapa dia berbuat demikian. Mereka pun menanyakannya dan sang imam menjawab: Karena surat Al-Ikhlas itu adalah sifat Ar-Rahman dan saya suka untuk membacanya. Maka Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Beritahukan kepadanya bahwa Allah mencintainya. 

(HR. Bukhari)

 

3. Surat Al-Ikhlas mengantarkan ke surga

عن ‏ ‏أنس ‏ ‏أن رجلا قال : يا رسول الله إني أحب هذه السورة “قل هو الله أحد” فقال : ( إن حبك إياها يدخلك الجنة( ‏

Dari Anas radhiyallahu 'anhu bahwa ada seseorang berkata: Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku mencintai surat Al-Ikhlas. Maka beliau bersabda: Sesungguhnya kecintaanmu kepada surat ini akan memasukkanmu ke dalam surga. 

(HSR. Tirmidzi) 

 

4. Surat Al-Ikhlas tangga menggapai istana surga

قال النبي : من قرأ "قل هو الله أحد" حتى يختمها عشر مرات بنى الله له قصرا في الجنة 

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Barangsiapa yang membaca surat Al-Ikhlas 10 kali maka Allah akan membangunkan istana di surga baginya. 

(HSR. Ahmad)

 

Dan Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam banyak mengamalkan surat Al-Ikhlas dalam shalat-shalat sunnah beliau dan dzikir-dzikir rutin beliau. Surat Al-Ikhlas beliau shallallahu 'alaihi wa sallam baca pada rakaat kedua qabliyah subuh [1], ba’diyah maghrib [2], shalat sunnah tawaf [3], dan rakaat terakhir witir [4]. Demikian pula beliau membacanya pada dzikir selesai shalat fardhu [5], dzikir pagi dan petang [6] serta sebelum tidur [7].

 

✔ Sebab dinamakan surat Al-Ikhlas

Surat ini dinamakan surat Al-Ikhlas [8] karena memang dimurnikan/diturunkan untuk menjelaskan tentang sifat-sifat Allah saja. Dan dikarenakan surat ini bisa memurnikan orang yang membacanya dari kotoran-kotoran syirik [9]. 

 

BERSAMBUNG..

--------------------

[1] HR.Muslim

[2] HSR.Tirmidzi

[3] HR.Muslim

[4] HSR.Tirmidzi

[5] HSR.Abu Dawud

[6] HSR.Abu Dawud dan Tirmidzi

[7] HR.Bukhari

[8] Secara bahasa makna Al-Ikhlas adalah memurnikan.

[9] Syarh Al-Aqidah Al-Wasithiyah hal.24 oleh Syaikh ShalIh Al-Fauzan.

 

________________________________

Dipost Ustadz Abdurrahman Thoyyib, Lc -hafizhahullah- Sabtu 9 Syaban 1438 H / 6 Mei 2017

🌏 http://www.salamdakwah.com/artikel/4297-ada-apa-dengan-surat-al-ikhlas-edisi-1


Silakan login untuk menulis komentar.

ARTIKEL TERKAIT

Untuk Allah Saja
Untuk Allah Saja
5 years ago
Cinta Yang Rumit
Cinta Yang Rumit
Ustadz Abu Fairuz Ahmad, MA - 3 years ago
Belajar Dari Seekor Burung Kecil
Belajar Dari Seekor Burung Kecil
Ustadz Fadlan Fahamsyah. LC, MHI - 3 years ago
Tutuplah Aibmu
Tutuplah Aibmu
5 years ago
Hadirilah Kajian Ilmu Syar'i
Hadirilah Kajian Ilmu Syar'i
Ustadz Nuruddin Abu Faynan. Lc - 4 years ago
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com