SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Wajib Tunduk Kepada Hukum Allah (Edisi 2)

Ustadz Abdurrahman Thoyyib,Lc - 6 months ago

Wajib Tunduk Kepada Hukum Allah (Edisi 2)

Oleh Ustadz Abdurrahman Thoyyib, Lc

 

WAJIB TUNDUK KEPADA HUKUM ALLAH

(Edisi 2)

 

✔ Tiga Sikap Manusia Terhadap Hukum Allah

1. Meremehkan hukum Allah, seperti sikap orang-orang liberal yang tidak mengagungkan hukum Allah. Mereka sesat dan menyesatkan.

2. Berlebihan dalam menyiarkan hukum Allah, seperti kelompok teroris yang hobi dalam mengkafirkan yang tidak berhukum dengan hukum Allah secara mutlak tanpa perincian. Mereka sesat dan menyesatkan.

3. Pertengahan antara dua kelompok di atas. Inilah sikap Ahlussunnah dalam segala bidang agama. Ahlussunnah meyakini akan wajibnya berhukum dengan hukum Allah dalam seluruh aspek kehidupan manusia. Akan tetapi mereka tidak gegabah dalam menvonis kafir/murtad terhadap orang-orang yang tidak berhukum dengan hukum Allah.

Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah –rahimahullahu- berkata: "... Yang benar bahwa berhukum dengan selain hukum Allah mencakup dua kekafiran: kufur kecil dan besar sesuai dengan keadaan hakim. Bila dia meyakini wajibnya berhukum dengan hukum Allah pada suatu kejadian, lalu dia berpaling darinya karena maksiat (hawa nafsu) dan dia masih mengakui bahwa dia itu berhak untuk mendapat sanksi, maka ini adalah kufur kecil. Jika dia meyakini hal itu tidak wajib dan bahwasanya dia itu diberi kebebasan untuk memilih, padahal dia sudah mengetahui bahwa itu adalah hukum Allah, maka ini adalah kufur besar. Apabila dia jahil atau tidak sengaja, maka hukumnya adalah hukum orang-orang yang tidak sengaja. Maksud semua ini adalah, bahwa semua maksiat termasuk kufur kecil, karena menyelisihi rasa bersyukur yang merupakan ketaatan. Amal itu ada bermacam-macam: syukur dan kufur dan yang ketiga adalah tidak kedua-duanya, wallahu a'lam." [4] 

✔ Kemaksiatan Rakyat Mendatangkan Kedzaliman Penguasa dan Menyebabkan Mereka Tidak Berhukum Dengan Hukum Allah [5]

Dari Ibnu Umar –radhiyallahu ‘anhuma-, beliau berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Wahai kaum Muhajirin, ada lima hal yang jika kalian ditimpa dengannya –Aku mohon kepada Allah agar kalian tidak mendapatinya- : 

1. Tidaklah kekejian itu nampak di suatu kaum hingga mereka pun terang-terangan melakukannya melainkan akan menyebar di tengah mereka wabah penyakit yang tidak pernah menimpa umat-umat sebelum mereka. 

2. Dan tidaklah mereka mengurangi takaran dan timbangan melainkan mereka akan ditimpa kekeringan, kesempitan hidup, serta kedzaliman penguasa. 

3. Dan tidaklah mereka enggan membayar zakat harta mereka melainkan akan dicegah turunnya hujan dari langit bagi mereka. 

4. Dan tidaklah mereka membatalkan perjanjian dengan Allah dan Rasul-Nya melainkan Allah akan menguasakan musuh-musuh dari selain mereka hingga merampas apa yang ada di tangan mereka.

5. Dan jika para pemimpin itu tidak berhukum dengan Al-Qur’an serta mereka memilih-milih dari apa yang Allah turunkan melainkan Allah akan jadikan perpecahan di antara mereka”. [6] 

SELESAI.

---

[4] Madarijus salikin oleh Ibnul Qayyim 1/337. 

[5] Kaifa Tahkum Nafsaka wa Ahlaka wa Man Tali Umuurahum Bi Hukmillah hal.61-61 oleh Syaikh Husein bin Audah Al-‘Awaayisyah.

[6] HSR.Ibnu Majah dan Abu Nu’aim dan lain-lain. Lihat Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah 106 oleh Syaikh Al-Albani.

 

__________________________________________________

Dipost Ustadz Abdurrahman Thoyyib, Lc -hafizhahullah- Khamis 14 Syaban 1438 H / 11 Mei 2017

🌏 http://www.salamdakwah.com/artikel/4294-wajib-tunduk-kepada-hukum-allah-edisi-2


Silakan login untuk menulis komentar.

ARTIKEL TERKAIT

Anda Galau ? Hindari dan Jauhi 2 Hal Ini !
Anda Galau ? Hindari dan Jauhi 2 Hal Ini !
Ustadz DR Musyaffa' Ad Dariny,MA - 7 months ago
Syarat Bebas Maksiat
Syarat Bebas Maksiat
Redaksi SalamDakwah - 3 years ago
Apa Kata Dunia
Apa Kata Dunia
Ustadz Abu Fairuz Ahmad, MA - 2 years ago
Bibi Itu Seperti Ibu
Bibi Itu Seperti Ibu
Ustadz Ammi Nur Baits - 1 year ago
Untukmu Ibu...
Untukmu Ibu...
Redaksi - 5 years ago
Anak dan Kreativitas
Anak dan Kreativitas
Ustadz Abdullah Zein Lc MA - 2 years ago
Seandainya Yang Mati Bisa Bicara
Seandainya Yang Mati Bisa Bicara
Ustadz Najmi Umar Bakkar - 3 months ago
© 2017 - Www.SalamDakwah.Com