SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Da'i Harus Selamat Aqidah dan Manhajnya

- 3 years ago

Da'i Harus Selamat Aqidah dan Manhajnya

Oleh : Ustadz Amir As Soronji, Lc

Da'i Harus Selamat Aqidah dan Manhajnya

Amir As-Soronji

 

...Semua itu mengharuskan seorang da'i harus selamat aqidah dan manhajnya. Dengan merealisasikan manhaj Rasul (Muhammad Shalallahu 'alaihi wasallam) yang telah ditempuh oleh salaful ummah; baik berkaitan dengan aqidah, iman, amal, dan dakwah.

 

Allah berfirman:

وَمَن يَعْمَلْ مِنَ الصَّالِحَاتِ مِن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَأُولَٰئِكَ يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ وَلَا يُظْلَمُونَ نَقِيرًا 

"Barangsiapa yang mengerjakan amal-amal saleh, baik laki-laki maupun wanita sedang ia orang yang beriman, maka mereka itu masuk ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya walau sedikitpun." 

(Q.S an-Nisa: 124)

 

Dalam ayat ini Allah mensyaratkan iman dan selamatnya aqidah hingga orang yang beramal -lebih-lebih lagi seorang da'i- berada di atas asas yang selamat dan pokok yang kuat. Jika seorang da'i tidak selamat pokok dan asasnya (aqidahnya), maka apa yang akan ia dakwahkan, sementara telah rusak pokok dan asasnya?

Oleh karenanya nampak kesalahan berbagai (jama'ah) dakwah yang mengangkat syiar dakwah, namun tidak memperhatikan aqidah da'i-da'inya. Menurut mereka yang terpenting adalah mengumpulkan umat dan menyatukan mereka atas nama dakwah tanpa memperhatikan aqidah yang dianut oleh da'i-da'inya.

Kapan saja seseorang menampakkan kecintaan terhadap Islam dan semangat dakwah, maka menurut mereka ia adalah seorang da'i yang benar, walaupun ia menempuh manhaj alhu bid'ah dan ahlul hawa (pengikut hawa nafsu) dalam dakwahnya.

 

Pemahaman di atas muncul disebabkan kesalahan dalam memahami ikhlas. Setiap orang yang semangat dianggap sebagai orang yang ikhlas dan benar jalannya. Ini merupakan kekeliruan dalam memahai ikhlas. 

Ikhlas semata tidak cukup dalam beramal, namun harus disertai dengan ittiba (sesuai tuntunan Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam) sehingga amal tersebut dinilai sebagai amal shalih. 

(Usus Manhaj as-Salaf fii ad-Dakwah ilaAllah, hal. 48)

 

___________________________________

Dipost Ustadz Amir As Soronji, Lc -hafizhahullah- Itsnain 27 Maret 2017

🌏 http://www.salamdakwah.com/artikel/4188-dai-harus-selamat-aqidah-dan-manhajnya


Silakan login untuk menulis komentar.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com