SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Air Kencing Unta Halal Diminum

Ustadz Abu Islama Imanudin Lc - 3 years ago

Air Kencing Unta Halal Diminum

Oleh : Ustadz Abu Islama Imanuddin, MA

AIR KENCING UNTA HALAL DIMINUM

 

HADITS yang menjelaskan tentang halalnya Kencing Unta sebagai obat minum atau obat luar..

Abu Islama Imanuddin, Lc, MA

 

Banyak di antara kaum muslimin yang merasa bahwa jika ada sesuatu yang menurut akal kita atau perasaan kita tidak sesuai, lantas menolaknya bahkan terkadang menganggap hal ini sesuatu yang aneh bahkan mustahil terjadi.

 

Sesungguhnya beragama itu dengan dalil. Selama ada dalil dalam perkara agama wajib kita tunduk dan menjalankannya semampu yang bisa kita lakukan. Jika kita tidak mampu, maka lèbih baik kita diam dan tidak berbicara tentang agama yang kita tidak tahu ilmunya. 

Inilah jalan selamat bagi kita dalam beragama. 

 

Sungguh bagian dari beragama, adalah mengimani Rosulullah bahwa beliau adalah hamba Allah dan utusan Allah. Konsekuensinya adalah membenarkan semua berita yang datangnya dari beliau dan tidak boleh mendustakannya. Termasuk perkara dunia apalagi perkara akhirat.

 

Diantara kabar yang datangnya dari beliau adalah mengenai tidak najisnya kotoran atau air kencing dari hewan yang DAGINGNYA HALAL DIMAKAN OLEH KITA, namun ada yang tidak najis tapi tidak halal dikonsumsi kita atau tidak najis dan halal dikonsumsi kita. Yang tidak najis dan halal dikonsumsi kita adalah AIR KENCING UNTA. Hal ini berdasarkan hadits yang shahih diriwayatkan oleh Sahabat yang mulia Anas bin Malik radhiyAllaahu 'anhu :

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَدِمَ أُنَاسٌ مِنْ عُكْلٍ أَوْ عُرَيْنَةَ فَاجْتَوَوْا الْمَدِينَةَ فَأَمَرَهُمْ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِلِقَاحٍ وَأَنْ يَشْرَبُوا مِنْ أَبْوَالِهَا وَأَلْبَانِهَا فَانْطَلَقُوا فَلَمَّا صَحُّوا قَتَلُوا رَاعِيَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَاسْتَاقُوا النَّعَمَ فَجَاءَ الْخَبَرُ فِي أَوَّلِ النَّهَارِ فَبَعَثَ فِي آثَارِهِمْ فَلَمَّا ارْتَفَعَ النَّهَارُ جِيءَ بِهِمْ فَأَمَرَ فَقَطَعَ أَيْدِيَهُمْ وَأَرْجُلَهُمْ وَسُمِرَتْ أَعْيُنُهُمْ وَأُلْقُوا فِي الْحَرَّةِ يَسْتَسْقُونَ فَلَا يُسْقَوْنَ

Artinya : "Dari Anas bin Malik berkata, “Beberapa orang dari ‘Ukl atau ‘Urainah datang ke Madinah, namun mereka tidak tahan dengan iklim Madinah hingga mereka pun sakit. Beliau lalu memerintahkan mereka untuk mendatangi unta dan meminum air kencing dan susunya. Maka mereka pun berangkat menuju kandang unta, ketika telah sembuh, mereka membunuh penggembala unta Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan membawa unta-untanya. Kemudian berita itu pun sampai kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menjelang siang. Maka beliau mengutus rombongan untuk mengikuti jejak mereka, ketika matahari telah tinggi, utusan beliau datang dengan membawa mereka. Beliau lalu memerintahkan agar mereka dihukum, maka tangan dan kaki mereka dipotong, mata mereka dicongkel, lalu mereka dibuang ke pada pasir yang panas. Mereka minta minum namun tidak diberi.”

(HR. Bukhari dan Muslim)

 

Dari hadits di atas, perlu diyakini oleh kita bahwa berobat dengan air kencing unta hukumnya halal.

 

Unta dijelaskan dalam ayat al Qur'an surat al Ghasyiah ayat 17:

أفلا ينظرون إلى الأبل كيف خلقت

Tidakkah mereka melihat bagaimana unta itu diciptakan.  

Artinya Allah memerintahkan kita untuk menelaah keagungan Allah dan kuasaNya dalam menciptakan UNTA yang memiliki keajaiban yang sangat banyak, di antaranya Unta minum dalam musim panas hanya 4 kali dan pada musim dingin hanya 1 kali (dalam penjelasan para peneliti). 

Di samping keajaiban dari sisi fisik unta yang mampu beradaptasi dengan alam gurun pasir yang panas dan dinginnya cukup ekstrim.

 

Dari sinilah dijelaskan secara khusus beberapa faidah tentang air kencing unta, bahwa secara pengalaman empiris dari para arab badui zaman dulu bahwa ketika sakit tubuhnya bagian dalam atau terluka bagian luarnya, maka mereka meminum air kencing unta dan atas idzin Allah mereka sembuh. Beberapa manfaat dari air kencing unta yang diteliti mengandung potacium, baulina, zat asam, keratin, sodium...yaitu :

 

_mengobati penyakit-penyakit jantung.

_mengobati penyakit-penyakit kulit dan luka.

_memperlebat rambut dan menguatkan pori-pori kulit kepala.

_menghilangkan mikrobat dan kuman-kuman yang banyak menyebabkan penyakit.

_mengobati sakit gigi.

_mengobati gangguan pencernaan.

 

Bagaimana cara berobat dengan air kencing unta ini? 

Boleh meminumnya langsung di pagi hari bersama sebelum sikat gigi atau setelah sarapan pagi atau menjelang tidur, dengan cara dicampur dengan madu atau dengan susu unta.

 

Demikian penjelasan singkat yang dipaparkan di sini, semoga manfaat bagi kita.

 

وصلى الله على نبينا محمد وأخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين.

 

Bumi Mekkah yang diberkahi Allah.

Selasa, 21 Maret 2017

abuislama.doc.


Silakan login untuk menulis komentar.

ARTIKEL TERKAIT

Berbagi Ramadhan (8)
Berbagi Ramadhan (8)
Redaksi SalamDakwah - 5 years ago
Diam
Diam
Ustadzah Ummu Faynan,Lc - 4 years ago
7 Hal Yang Pahalanya Mengalir Setelah Meninggal Dunia
7 Hal Yang Pahalanya Mengalir Setelah Meninggal Dunia
Ustadz M Elvisyam Lc MA - 5 years ago
Belajar tuk Berhusnuzhon Dengan Ketentuan-Nya
Belajar tuk Berhusnuzhon Dengan Ketentuan-Nya
Ustadz Abu Fairuz Ahmad, MA - 5 years ago
Lisan Dan Hati
Lisan Dan Hati
Redaksi SalamDakwah - 6 years ago
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com