SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Orangtua Rasulullah Muslim ?

Ustadz Zainal Abidin. Lc - 3 years ago

Orangtua Rasulullah Muslim ?

Oleh : Ustadz Zainal Abidin Syamsuddin, Lc

 

ORANG TUA RASULULLAH MUSLIM ?

 

Polemik apakah orang tua Rasulullah muslim atau kafir menjadi ajang perdebatan seru terutama di Medsos, sebagian pihak menyatakan dengan tegas bahwa kedua orang tua Rasulullah adalah Muslim sebagaimana pendapat Imam AS-Suyuti. Namun sebagian lainnya menyatakan bahwa orang tua Rasulullah kafir dan berada di neraka.

Mereka yang menyatakan keislaman kedua orang tua berpegang teguh kepada hadits bahwa beliau bersabda, Aku pernah melewati kuburan ibuku, Aminah, maka mohon kepada Tuhanku agar Dia menghidupkan kembali maka akhirnya dihidupkan kembali lalu beriman kepadaku. Maka berimanlah dia kepadaku. Kemudian Allah matikan kembali. 

Namun As-Suhalily dalam kitab raudhul unuf dengan Sanad yang majhul sehingga Imam Ibnu Asakir menyatakan hadits MUNKAR sebagaimana penuturan Imam Al hafidz Ibnu Hajar dalam lisanul Mizan bahkan Imam Ibnu Jauzi menyatakan bahwa hadits ini adalah palsu dalam Al-laaly almashnuah.

Dan hadits ini juga bertentangan dengan hadits bahwa pernah beliau meminta izin kepada Allah agar diizinkan untuk meminta ampun kepadanya maka tidak diizinkan sementara beliau minta izin untuk menziarahi kuburannya maka diizinkan.

Dan hadits dari Anas bin Malik bahwa ada seorang laki-laki datang kepada Rasulullah yang menanyakan, Bapakku dimana? Beliau menjawab, Di neraka. Setelah dia pergi maka dipanggil kembali oleh Rasulullah dan beliau bersabda, Sesungguhnya bapakku dan bapakmu berada di neraka.

( H.R Muslim )

Dengan demikian vonis kafir dan berada di neraka terhadap orang tua Rasulullah merupakan pendapat shahih dan dianut oleh jumhur ulama bahkan Imam Suyuti dalam hal ini dianggap mengeluarkan pendapat ganjil karena tidak didukung oleh Alquran dan assunnah yang shalihah dan bahkan menyelisihi jumhur Salafus salih.

___________________________________

Dipost Ustadz Zainal Abidin Syansuddin, Lc -hafizhahullah- Sabtu 20 Jumadats Tsaniyyah 1438 / 18 Maret 2017


Silakan login untuk menulis komentar.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com