SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Sudah Bersedekah Untuk Tulang Kita Hari Ini ?

Ustadz Fachruddin Nu'man, Lc - 4 years ago

Sudah Bersedekah Untuk Tulang Kita Hari Ini ?

Oleh : Ustadz Fachruddin Nu'man, Lc

 

Sudah Bershadaqoh Untuk Tulang Kita Hari Ini ???

 

Saudaraku... 

Tulang di dalam tubuh kita beserta ruas2nya adalah nikmat Allah yang merupakan bangunan bagi tubuh kita, yang akan memudahkan semua aktifitas kita...

Maka kewajiban kita untuk mensyukurinya... dengan menggunakan tubuh ini untuk digerakan dalam ketaatan kepada Allah Ta'ala... Bahkan ada anjuran bershadaqoh setiap hari untuk setiap ruas tulang kita..

 

Jumlah Ruas Tulang Kita...

 

إِنَّهُ خُلِقَ كُلُّ إِنْسَانٍ مِنْ بَنِى آدَمَ عَلَى سِتِّينَ وَثَلاَثِمَائَةِ

“Sesungguhnya setiap manusia keturunan Adam diciptakan memiliki 360 persendian.”

(HR. Muslim no. 2377)

 

Inilah Cara Shadaqoh Untuk Setiap Ruas Tulang Kita...

 

كُلُّ سُلاَمَى مِنَ النَّاسِ عَلَيْهِ صَدَقَةٌ كُلَّ يَوْمٍ تَطْلُعُ فِيْهِ الشَّمْسُ، تَعْدِلُ بَيْنَ اثْنَيْنِ صَدَقَةٌ، وَتُعِيْنُ الرَّجُلَ فِي دَابَّتِهِ فَتَحْمِلُهُ عَلَيْهَا أَوْ تَرْفَعُ لَهُ عَلَيْهَا مَتَاعَهُ صَدَقَةٌ، وَالْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ، وَبِكُلِّ خُطْوَةٍ تََمْشِيْهَا إِلَى الصَّلاَةِ صَدَقَةٌ، وَتُمِيْطُ الأَذَى عَنِ الطَّرِيْقِ صَدَقَةٌ

“Setiap persendian manusia diwajibkan untuk bersedekah setiap harinya mulai matahari terbit. Memisahkan (menyelesaikan perkara) antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah. Menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah shadaqah”. 

[HR. Bukhari dan Muslim]

 

Bisa Dicukupi Dengan 2 Rakaat Dhuha...

 

Beliau bersabda dalam satu riwayat :

Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka’at.”

(HR. Muslim no. 720)

 

Keutamaan Dahsyat Yang Dikabarkan...

 

إِنَّهُ خُلِقَ كُلُّ إِنْسَانٍ مِنْ بَنِـى آدَمَ عَلَـىٰ سِتِّيْنَ وَثَلاَثِ مِئَةِ مَفْصِلٍ : فَمَنْ كَبَّرَ اللّٰـهَ ، وَحَمِدَ اللّٰـهَ ، وَهَلَّلَ اللّٰـهَ ، وَسَبَّحَ اللّٰـهَ ، وَاسْتَغْفَرَ اللّٰـهَ ، وَعَزَلَ حَجَرًا عَنْ طَرِيْقِ النَّاسِ ، أَوْ شَوْكَةً ، أَوْ عَظْمًـا عَنْ طَرِيْقِ النَّاسِ ، وَأَمَرَ بِمَعْرُوْفٍ ، أَوْ نَـهَىٰ عَنْ مُنْكَرٍ ، عَدَدَ تِلْكَ السِّتِّيْنَ وَالثَّلَاثِ مِئَةِ السُّلَامَى ، فَإِنَّهُ يُمْسِيْ يَوْمَئِذٍ وَقَدْ زَحْزَحَ نَفْسَهُ عَنِ النَّارِ.

"Sesungguhnya anak keturunan Adam diciptakan di atas 360 persendian. Barang-siapa bertakbir kepada Allah, memuji Allah, bertahlil kepada Allah, bertasbih kepada Allah, menyingkirkan batu dari jalanan kaum Muslimin, atau menyingkirkan duri, atau menyingkirkan tulang, atau menyuruh kepada kebaikan, atau melarang dari kemungkaran setara dengan jumlah 360 persendian, maka pada sore harinya ia menjauhkan dirinya dari neraka.

(HR. Muslim no.1007)

 

Semoga manfaat... 

 

Abu Isma'il Fachruddien Nu'man

Pondok Pesantren Riyadhus Sholihiin, Pandeglang

_______________________________________________________

Dipost Ustadz Fachruddin Nu'man, Lc -hafizhahullah- Tsulasa 21 Rabi'ul Awwal 1438 / 20 Desember 2016

 


Silakan login untuk menulis komentar.
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com