SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Agar Allah Bukakan Hati dan Allah Berikan Hikmah

Ustadz DR Musyaffa' Ad Dariny,MA - 3 years ago

Agar Allah Bukakan Hati dan Allah Berikan Hikmah

Oleh : Ustadz Musyaffa' Ad Dariny, MA

 

Agar mata hati terbuka, sehingga kita bisa melihat hal ihwal dunia dengan lebih jernih.. dan berkata-kata dengan mutiara hikmah.

=====

Imam Syafi'i -rohimahulloh- mengatakan:

"Siapa yang ingin Allah bukakan hatinya, dan Allah berikan hikmah kepadanya; maka hendaklah dia berkholwat (menyendiri dengan ibadah), mengurangi makan, dan tidak bergaul dengan orang-orang yang bodoh dan sebagian ulama yang tidak memiliki sikap obyektif dan tidak memiliki adab".

[Manaqib Imam Syafi'i lil Baihaqi 2/172]

---

Ibarat pandangan seseorang kepada sesuatu yang sangat besar, semakin dia jauh dari benda itu, maka semakin menyeluruh pula pandangan dia terhadap sesuatu tersebut.

Begitu pula pandangan kita terhadap dunia, semakin kita menjauh dari dunia, kita akan dapat memandang hakekat dunia itu dengan lebih menyeluruh. 

Apalagi bila Allah memberikan kita setitik ilmu-Nya karena kedekatan kita dengan-Nya, tentu akan semakin jelas pandangan mata hati kita terhadap dunia ini dan semakin lengkap pengetahuan kita tentangnya, wallohu a'lam.

***

Pesan imam Syafi'i tidak menafikan bermasyarakat.. karena bisa saja seseorang bermasyarakat dan memberikan kebaikan kepada orang lain di siang hari, di malam harinya dia berkholwat atau menyendiri dengan khusyu' beribadah kepada Allah, wallohu a'lam.

___________________________________

Dipost Ustadz Musyaffa' Ad Dariny, MA -hafizhahullah- Tsulasa 22 Shofar 1438 / 22 November 2016


Silakan login untuk menulis komentar.

ARTIKEL TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com