SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Da'i dan Keluarga

- 3 years ago

Da'i dan Keluarga

Oleh : Ustadz Abu Ja'far Cecep Rahmat, Lc

 

Da'i dan Keluarga

 

Seorang da'i adalah orang yang paling berhak untuk perhatian pada diri, keluarga dan kerabatnya sebelum perhatian kepada orang lain.

Mereka adalah orang yang dituntut mampu membagi waktu antara mencari nafkah, bersama keluarga dan berdakwah, sehingga tidak ada hak-hak yang terdzalimi, khususnya keluarga.

Mereka mampu mengajak istri dan keluarga untuk sama-sama berjuang memahami dan memaklumi kegiatan dirinya yang terkadang pulang terlambat bahkan beberapa hari tidak pulang.

Seorang da'i mewakafkan dirinya untuk umat, kapan dibutuhkan selalu siap selama tidak mengabaikan kewajiban. Tujuannya untuk meninggikan kalimat Allah.

Seorang da'i bukanlah seorang yang sempurna, sehingga mereka berusaha untuk terus muhasabah dan memperbaiki dirinya.

Bagi da'i, 30 menit bersama keluarga sangat diperhatikan. Menyayangi dan bercengkrama serta menasihati dan membina, tentunya tanpa pegang HP yang membuat perhatiannya teralihkan. Sebentar namun istiqomah baginya lebih baik daripada seharian full namun sangat jarang bahkan tidak pernah sama sekali.

Intinya, keberadaan seorang da'i di rumahnya bersama keluarga tidak dilihat dari jumlah waktu dan hari namun dilihat dari seberapa besar kualitas yang diberikan kepada keluarganya tersebut.

 

Pesantren Tahfizh Al Hunafa

Akhukum fillah

Abu Ja'far Cecep Rahmat 

 

(Hasil diskusi dengan para asatidzah dan guru di grup Du'at HAPIA Tengaran)

___________________________________

Dipost Ustadz Abu Ja'far Cecep Rahmat, Lc -hafizhahullah- Tsulasa 24 al-Muharram 1438 / 25 Oktober 2016


Silakan login untuk menulis komentar.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com