SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bimbingan Tauhid Dengan Benar

Ustadz Abu Islama Imanudin Lc - 5 years ago

Bimbingan Tauhid Dengan Benar

Oleh : Ustadz Abu Islama Imanuddin, MA

 

Bimbingan Tauhid Dengan Benar

 

Jika ditanya : Apakah 3 (tiga) landasan utama yang wajib dipelajari oleh setiap orang?

Maka jawabannya adalah : Hendaknya setiap orang mengenal Rabbnya (Allah), mengenal agamanya (al Islam) dan mengenal Nabinya (Muhammad) shallallaahu 'alaihi wasallam.

 

Jika ditanya : Siapakah Rabbmu?

Maka jawabannya : Rabbku adalah Allah yang telah memelihara seluruh alam semesta dengan nikmat-nikmatNya. Dia adalah sesembahanku, tiada sesembahan yang berhak disembah dengan benar selain Dia. Allah berfirman :

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

"Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam." (QS. Al-Fatihah / 1 : 2)

Maka segala sesuatu selain Allah disebut alam, dan kita sebagai manusia adalah salah satu dari alam itu.

 

Jika ditanya : Apakah makna Rabb itu?

Maka jawabannya adalah : Bahwa Rabb artinya Penguasa, Yang disembah dan Yang mengatur dan Dialah Yang berhak diibadahi dengan sebenar-benarnya.

 

Jika ditanya : Dengan cara apa mengenal Rabbmu?

Maka jawabannya adalah aku mengenalNya dengan ayat-ayatNya dan makhluk-makhlukNya. Diantara ayat-ayatNya adalah adanya siang dan malam, matahari dan bulan. Dan di antara amkhluk-makhlukNya adalah langit-langit yang tujuh beserta segala isinya dan apa yang ada di antara keduanya. Allah berfirman :

وَمِنْ آيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ ۚ لَا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

"Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah sembah matahari maupun bulan, tapi sembahlah Allah Yang menciptakannya, Jika Ialah Yang kamu hendak sembah." (QS. Fusshilat / 41 : 37)

Allah juga berfirman :

إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَىٰ عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ ۗ أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ ۗ تَبَارَكَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ

"Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ´Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam." (QS. Al-A'raf / 7 : 54)

 

Semoga bermanfaat bagi kita untuk menambahi keimanan dalam diri kita dan membentengi jiwa kita tergelincirkan kita dari aqidah yang rusak..amin.

 

Disarikan dari kitab Dalaa-il at Tauhid karya syekh Muhammad bin Sulaiman at Tamiimi rahimahullaah, oleh ;

Abu Islama 

 

abuislama.doc.15092016

__________________________

Direpost Ustadz Abu Islama Imanuddin, MA -hafizhahullah- Sabtu 29 Dzulhijjah 1437 / 1 Oktober 2016


Silakan login untuk menulis komentar.
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com