SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Dosa-Dosa yang Disegerakan Adzabnya (bag-2)

Ustadz Fachruddin Nu'man, Lc - 3 years ago

Dosa-Dosa yang Disegerakan Adzabnya (bag-2)

Oleh : Ustadz Fadlan Fahamsyah, Lc

(Pengajar di STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya)

 

Dosa-Dosa yang Disegerakan Adzabnya (bag-2)

 

2. Membongkar aib saudaranya seiman dan menuduhnya

 

Termasuk dosa yang disegerakan balasannya di dunia adalah dosa ghibah, dosa yang Alloh perumpamakan dalam al-Qur’an dengan memakan daging bangkai saudara kita, sebagaimana yang difirmankan :

 

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati ? maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Alloh. Sesungguhnya Alloh Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. 

(QS. Al-Hujurot : 12)

 

Dan balasan yang disegerakan bagi para pengghibah adalah Allohpun akan membeberkan aibnya di mata manusia. Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

 

Janganlah membeberkan aib kaum muslimin dan janganlah mencari-cari kesalahan mereka, barangsiapa melakukannya maka Alloh akan mencari-cari aibnya dan Alloh akan membeberkannya (di hadapan manusia).

(HR. Tirmidzi : 2032)

 

Dan Allohpun menyegerakan adzab yang pedih di dunia bagi para penyebar gosip dan tukang fitnah. 

 

Alloh Ta’ala berfirman 

 

Sesungguhnya orang-orang yang ingin agar berita perbuatan yang Amat keji itu tersiar di kalangan orang-orang yang beriman bagi mereka azab yang pedih di dunia dan di akhirat Dan Alloh mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.

(QS. an-Nur : 19)

 

Alloh Ta’ala berfirman juga :

 

Sesungguhnya orang-orang yang menuduh wanita yang baik-baik yang lengah (untuk berbuat dosa) lagi beriman (berbuat zina) mereka terlaknat di dunia dan akhirat, dan bagi mereka azab yang besar.

(QS. an-Nur : 23)

 

Bersambung Insya Allah

 

Fadlan Fahamsyah, Lc.

 

Sumber: Majalah Adz-Dzakhiirah vol. 9 no. 2 edisi: 68. 1432/2011


Silakan login untuk menulis komentar.
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com