SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Berinfaqlah niscaya Allah akan berinfaq ke Anda

Redaksi salamdakwah.com - 6 years ago

Berinfaqlah niscaya Allah akan berinfaq ke Anda

 

Agama Islam membebaskan pemeluknya untuk bekerja dan mencari penghasilan dari jalan yang halal, dan Islampun mengakui adanya hak kepemilikan seseorang terhadap harta yang ia peroleh dari jerih payahnya sendiri atau dari pemberian orang lain. Allah ta'ala telah mentaqdirkan adanya perbedaan kemampuan dan ketangkasan hamba-Nya dalam usaha mereka mencari rizki sehingga terjadilah perbedaan strata ekonomi dalam masyarakat, ada yang kaya, ada yang miskin dan ada pula yang berada diantara keduanya.
 
Meski demikian kemiskinan yang sangat parah tidaklah diharapkan, begitu pula, angka kesenjangan sosial yang sangat tinggi, oleh karena itu diantara hikmah disyariatkannya zakat adalah untuk mengatasi kedua hal itu. Tidak berhenti sampai di situ, Allah ta'ala dan Rasul-Nya juga menganjurkan ummat Islam untuk berinfaq dan bersedekah. Diantara dalil betapa besarnya pahala infaq dan betapa dianjurkannya sedekah adalah:
 
Firman Allah ta'ala:
 
Pertama:
 
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَنْفِقُوا مِمَّا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ يَوْمٌ لا بَيْعٌ فِيهِ وَلا خُلَّةٌ وَلا شَفَاعَةٌ وَالْكَافِرُونَ هُمُ الظَّالِمُونَ (البقرة:٢٥٤)
Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi syafa'at. dan orang-orang kafir Itulah orang-orang yang zalim.
 
Kedua:
 
مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ (٢٦١)الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ثُمَّ لا يُتْبِعُونَ مَا أَنْفَقُوا مَنًّا وَلا أَذًى لَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلا هُمْ يَحْزَنُونَ(٢٦٢) البقرة

 
261. Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.
262. Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.
 
Hadits-hadits Nabi shallallahu alaihi wa sallam
 
Pertama:
 
 
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ تَصَدَّقَ بِعَدْلِ تَمْرَةٍ مِنْ كَسْبٍ طَيِّبٍ وَلَا يَقْبَلُ اللَّهُ إِلَّا الطَّيِّبَ وَإِنَّ اللَّهَ يَتَقَبَّلُهَا بِيَمِينِهِ ثُمَّ يُرَبِّيهَا لِصَاحِبِهِ كَمَا يُرَبِّي أَحَدُكُمْ فَلُوَّهُ حَتَّى تَكُونَ مِثْلَ الْجَبَلِ. أخرجه البخاري رقم 1410
 
 
Dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu berkata,: Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam telah bersabda: "Barangsiapa yang bershadaqah dengan sebutir kurma hasil  dari usahanya sendiri yang baik (halal), sedangkan Allah tidak menerima kecuali yang baik saja, maka sungguh Allah akan menerimanya dengan tangan kananNya lalu mengasuhnya untuk pemiliknya sebagaimana jika seorang dari kalian mengasuh anak kudanya hingga membesar seperti gunung.
 
Kedua:
 
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ الْآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا. أخرجه البخاري رقم 1442 ومسلم رقم 1010
 
Dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu bahwa Nabi Shallallahu'alaihiwasallam bersabda: "Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat lalu salah satunya berkata; "Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya", sedangkan yang satunya lagi berkata; "Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil) ".
 
Ketiga:
 
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ قَالَ اللَّهُ أَنْفِقْ يَا ابْنَ آدَمَ أُنْفِقْ عَلَيْك.أخرجه البخاري رقم 5352 ومسلم رقم 993
 
Dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Allah berfirman: Wahai Ibnu Adam berinfaklah, niscaya Aku akan berinfaq kepada kalian."
 
وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

 


Silakan login untuk menulis komentar.

ARTIKEL TERKAIT

Syubhat orang kafir dalam keesaan Allah azza wa jalla
Syubhat orang kafir dalam keesaan Allah azza wa jalla
Redaksi salamdakwah.com - 6 years ago
Apa Yang Diharapkan Wanita?
Apa Yang Diharapkan Wanita?
Ustadzah Ummu Faynan,Lc - 3 years ago
Nisfu Syaban
Nisfu Syaban
Redaksi SalamDakwah - 5 years ago
Keterbatasan Wanita yang Disukai
Keterbatasan Wanita yang Disukai
Ustadzah Ummu Faynan,Lc - 3 years ago
إن شاء الله
إن شاء الله
Ustadz Kurnaedi Lc - 3 years ago
Orang Terkaya Di Dunia
Orang Terkaya Di Dunia
Redaksi SalamDakwah - 6 years ago
Tatkala Jiwa Dipasang-pasangkan
Tatkala Jiwa Dipasang-pasangkan
Ustadz Aan Chandra Thalib,Lc - 3 years ago
Adilkah Timbangan Kita
Adilkah Timbangan Kita
Ustadz Kurnaedi Lc - 3 years ago
Jilbab: Sempurnakan Hijabmu Wahai Ukhti Muslimah
Jilbab: Sempurnakan Hijabmu Wahai Ukhti Muslimah
Redaksi SalamDakwah - 5 years ago
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com