SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Menjaga Wasiat Allah

4 years ago

Menjaga Wasiat Allah
Oleh : Ustadz Muhammad Sulhan Jauhari, Lc, MHI 
 
📘 MENJAGA WASIAT ALLAH 📗
 
Wasiat Allah Subhanahu wa ta'ala bukan sembarang wasiat. Wasiat Allah merupakan sebaik-baik wasiat. Wasiat-Nya dapat mendatangkan kebahagiaan hakiki bagi setiap orang yang mengamalkannya. Berikut ini diantara wasiat Allah Ta’ala kepada orang-orang yang beriman.
 
Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman: 
 
يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ
 
Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya, dan janganlah sekali-kali kalian mati melainkan dalam keadaan beragama Islam. (QS. Ali Imran: 102)
 
Pada ayat di atas, Allah menyampaikan dua wasiat yang sangat penting: 
 
🔷 PERTAMA: Agar kita bertakwa kepada Allah dengan sebenar-benarnya.
 
Ibnu Mas’ud radhiyaAllahu 'anhu menjelaskan arti takwa kepada Allah dengan kalimat:
 
أَنْ يُطَاعَ فَلاَ يُعْصَى وَأَنْ يُذْكَرَ فَلاَ يُنْسَى، وَأَنْ يُشْكَرَ فَلاَ يُكْفَر
 
Hendaknya Dia (Allah) ditaati tidak dimaksiati, selalu diingat tidak dilupakan, ditujukan kepada-Nya syukur bukan kufur. (Tafsir Ibnu Katsir QS. 3: 102)
 
Sedangkan Talq bin Hubaib radhiyaAllahu 'anhu mengartikan takwa dengan:
 
التَّقْوَى أَنْ تَعْمَلَ بِطَاعَةِ اللَّهِ، عَلَى نُوْرٍ مِنَ اللَّهِ، تَرْجُو ثَوَابَ اللَّهِ، وَأَنْ تَتْرُكَ مَعْصِيَةَ اللَّهِ، عَلَى نُوْرٍ مِنَ اللَّهِ، مَخَافَةَ عَذَابِ اللَّهِ
 
Takwa adalah, engkau mengerjakan ketaatan kepada Allah, di atas cahaya Allah (ilmu) seraya mengharap pahala Allah, engkau meninggalkan kemaksiatan Allah, di atas cahaya Allah (ilmu) karena takut azab Allah. (Tafsir Ibnu Katsir QS. 33: 1)
 
Untuk dapat bertakwa dengan sebenar-benarnya harus didasari oleh ilmu. Sebab seorang muslim tidak mungkin mengetahui mana ketaatan dan mana kemaksiatan melainkan dengan menuntut ilmu, yakni mempelajari al-Qur’an dan hadis. Setelah mengetahui berbagai macam ketaatan lalu ia mengamalkannya seraya mengharap pahala dari-Nya, dan setelah mengetahui berbagai macam kemaksiatan lalu ia tinggalkan semua itu karena takut akan azab-Nya. 
 
🔷 KEDUA: Agar kita tidak meninggal dunia melainkan dalam keadaan beragama Islam.
 
Bagaimana cara menjaganya? Simak tips singkat dari Ibnu Katsir rahimahullah berikut ini ketika beliau menafsirkan ayat di atas. Beliau bertutur: 
 
أَيْ: حَافِظُوْا عَلَى اْلإِسْلاَمِ فِي حَالِ صِحَّتِكُمْ وَسَلاَمَتِكُمْ لِتَمُوْتُوْا عَلَيْهِ، فَإِنَّ الْكَرِيْمَ قَدْ أَجْرَى عَادَتَهُ بِكَرَمِهِ أَنَّهُ مَنْ عَاشَ عَلَى شَيْءٍ مَاتَ عَلَيْهِ، وَمَنْ مَاتَ عَلَى شَيْءٍ بُعِثَ عَلَيْهِ، فَعِيَاذًا بِاللَّهِ مِنْ خِلاَفِ ذَلِكَ.
 
Yakni, terus jagalah Islam ketika kalian dalam keadaan sehat dan selamat agar kalian kalian meninggal dunia dalam keadaan tersebut. Sebab (Allah) Yang Maha Mulia, dengan kemuliaan-Nya telah melangsungkan kebiasaan-Nya "bahwa siapa yang hidup di atas suatu kebiasaan maka ia akan meninggal dunia dalam keadaan tersebut, dan barang siapa yang meninggal dunia dalam suatu keadaan maka ia akan dibangkitkan dalam keadaan tersebut.” Kita memohon perlindungan kepada Allah dari selain itu. (Tafsir Ibnu Katsir QS. 3: 102) 
 
Oleh karena itu, hendaknya seorang muslim terus dan terus berusaha berbuat kebaikan kapanpun dan di manapun ia berada, agar ia meninggal dunia dalam keadaan baik. Bukan membiasakan keburukan dan kejelekan, dikhawatirkan akan meninggal dunia dalam keadaan buruk tersebut. 
 
Semoga Allah memberikan kemudahan dan kekuatan kepada kita untuk senantiasa menjaga wasiat berharga dari Allah Subhanahu wa ta'ala tersebut. Aamiin. 
 
✅ Bagian Indonesia 
🏠 ICC DAMMAM KSA
📅 [ 05/05/1437 H ]
============================
 
Dipost Ustadz Muhammad Sulhan Jauhari, Lc, MHI -hafizhahullah- tgl 14 Februari 2016

Silakan login untuk menulis komentar.

ARTIKEL TERKAIT

Telah Membuat Kita Terpecah dan Berpisah...
Telah Membuat Kita Terpecah dan Berpisah...
Ustadz Zainal Abidin. Lc - 3 years ago
Mata Kaki Adalah Patokan Dalam Meluruskan Shaf Sholat
Mata Kaki Adalah Patokan Dalam Meluruskan Shaf Sholat
Ustadz DR Musyaffa' Ad Dariny,MA - 4 years ago
Tiga Bagian Mukmin Darimu
Tiga Bagian Mukmin Darimu
Ustadz Nuruddin Abu Faynan. Lc - 4 years ago
Cinta dan Cemburu
Cinta dan Cemburu
Ustadz Abu Fairuz Ahmad, MA - 3 years ago
Siang Hari Jumat Dilarang Jual Beli?
Siang Hari Jumat Dilarang Jual Beli?
Ustadz Ammi Nur Baits - 4 years ago
Jangan Pernah Lelah Berdakwah
Jangan Pernah Lelah Berdakwah
Ustadz Zainal Abidin. Lc - 3 years ago
Ghibah
Ghibah
Ustadzah Ummu Faynan,Lc - 4 years ago
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com