SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Pintu Mana Yang Engkau Rindukan ?

4 years ago

Pintu Mana Yang Engkau Rindukan ?

Oleh : Ustadz Muhammad Sulhan Jauhari, Lc, MHI

 

📘 PINTU MANA YANG ENGKAU RINDUKAN? 📗

 

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menjelaskan di dalam sebuah hadis sahih riwayat al-Bukhari dan Muslim bahwa surga memiliki delapan pintu. Siapa yang rajin shalat akan masuk surga melalui pintu shalat. Siapa yang rajin jihad akan masuk melalui pintu jihad. Siapa yang rajin berpuasa akan masuk dari pintu ar-Rayyan. Siapa yang rajin sedekah akan masuk dari pintu shadaqah, dan seterusnya. 

 

Di hadis yang sama, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menyatakan harapan agar Abu Bakar ash-Shidiq radhiyaAllahu anhu dipanggil dari delapan pintu tersebut seluruhnya. Yang demikian, sebab Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh Abu Bakar radhiyaAllahu anhu. Beliau adalah seorang sahabat mulia yang begitu rajin dengan amalan-amalan utama.

 

Abu Bakar radhiyaAllahu anhu telah berlalu, dan beliau akan mendapatkan apa yang telah beliau usahakan. Yang tersisa sekarang adalah kita, dan kita akan mendapatkan hasil sesui dengan apa yang kita usahakan pula.

 

“Itu adalah umat yang lalu, baginya apa yang telah diusahakannya dan bagimu apa yang sudah kamu usahakan, dan kamu tidak akan diminta pertanggungan jawab tentang apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. al-Baqarah: 134 & 141)

 

Oleh karena itu saudaraku, bila engkau rindu pintu ar-Rayyan, maka perbanyaklah berpuasa. 

Bila engkau rindu pintu shalat, maka rajinlah mengerjakan shalat. 

Bila engkau rindu pintu ini atau itu, maka rajinlah mengerjakan amalan ini dan itu. Atau kalau tidak, rajinlah mengerjakan amalan-amalan yang beraneka ragam agar engkau dipanggil dari pintu-pintu tersebut semuanya.

 

Silakan direnungkan, kira-kita pintu mana surga yang kita rindukan. Bukan rindu sekedar rindu, namun kerinduan yang benar-benar disertai dengan amalan. Dan kita masing-masing paling tahu kualitas dan kuantitas amalan yang kita suguhkan kepada Allah ar-Rahman.

 

Semoga Allah memudahkan bagi kita untuk dirindukan oleh semua pintu surga. Aamiin. 

 

✅ Bagian Indonesia 

🏠 ICC DAMMAM KSA 

📅 [ 09/04/1437 H ]

============================

 

Dipost Ustadz Muhammad Sulhan Jauhari, Lc, MHI -hafizhahullah- tgl 20 Januari 2016


Silakan login untuk menulis komentar.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com