SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Jangan Mengadu Domba Antar Ustadz Kita

3 years ago

Jangan Mengadu Domba Antar Ustadz Kita

Oleh : Ustadz Abu Ubaidah Yusuf As Sidawi

(Pemimpin Redaksi Majalah Al-Furqon / Ma'had Al-Furqon Gresik Jawa Timur)

 

Al-kisah, disebutkan bahwa hubungan antara Sa'ad bin Waqqosh dan Khalid bin Walid kurang bagus.

 

Suatu saat, ada seorang yang mencela Khalid di depan Sa'ad, maka beliaupun (Sa'ad) marah dan menegur orang tersebut seraya mengatakan:

 

مه! إن ما بيننا لم يبلغ ديننا

 

"Diamlah kamu, sesungguhnya permasalahan di antara kami tidak sampai pada taraf agama kami". (Ash-Shomtu wa Hifdzu Lisan hlm. 137 Ibnu Abi Dunya dan Shifat Shofwah 1/135)

 

Atsar ini memberikan kita ibroh yg berharga sekali:

 

1. Teguran dan peringatan tentang akhlak buruk sebagian kalangan yang punya hobi adu domba dan tukang sabung antara ustadz dgn ucapan, informasi dan pertanyaan jebakan yg menjurus kepada renggangnya hubungan antara ustadz, memercikkan api pertikaian di antara mereka. 

Hendaknya mereka ingat betapa besarnya dosa "Namimah" apalagi korbannya adalah ustadz yg berpengaruh pada dakwah dan umat.

 

2. Hendaknya para ustadz berjiwa besar, berlapang dada, tidak terpancing oleh jebakan namimah, bahkan hendaknya mereka menutup celah teresebut dgn memberikan nasehat dan teguran kepada pelakunya. 

 

Mari kita cermati atsar di atas, tatkala orang tersebut melemparkan celaan kpd Khalid di sisi Sa'ad karena tahu adanya perselisihan, namun Sa'ad justru memarahinya, menegurnya dan menjelaskan bahwa perbedaan di antara mereka tidak sampai kepada menghina dan mencemarkan kehormatan saudaranya.

 

Semoga kita bisa meniru kejernihan hati para sahabat dan keluhuran akhlak mereka karena mereka adalah idola kita.

 

___

12 Rabiul Awal 1437 / 24 Desember 2015


Silakan login untuk menulis komentar.
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com