SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Adab Ilmu

6 years ago

Adab Ilmu

Oleh : Ustadz Aan Chandra Thalib 


Syaikhul Islam Ahmad bin Abdul Halim Al-Harrany -rahimahullah- mengatakan:


"من أراد أن ينقل مقالة طائفة فليسم القائل والناقل ، وإلا فكل أحد يقدر على الكذب"


Siapa saja yang ingin mengutip ucapan kelompok tertentu hendaklah dia menyebutkan nama pemilik ucapan dan penukilnya. Jika tidak, maka setiap orang sanggup untuk berdusta.

(Al-Minhaj 2/413)


Catatan:


Hal ini perlu untuk kita perhatikan, agar tidak ada yang terdzolimi oleh vonis ini dan itu disebabkan informasi yang tidak jelas asal usulnya. Timbangan ini berlaku bagi kawan maupun lawan.

Allah Azza wa jalla berfirman:


يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُونُواْ قَوَّٰمِينَ لِلَّهِ شُهَدَآءَ بِٱلۡقِسۡطِۖ وَلَا يَجۡرِمَنَّكُمۡ شَنَ‍َٔانُ قَوۡمٍ عَلَىٰٓ أَلَّا تَعۡدِلُواْۚ ٱعۡدِلُواْ هُوَ أَقۡرَبُ لِلتَّقۡوَىٰۖ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَۚ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرُۢ بِمَا تَعۡمَلُونَ 


Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu menjadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. 

(QS: Al-Maidah: 8)


Wallahu ta'ala a'lam


_________

Madinah 22 Dzulhijjah 1436H

ACT El-Gharantaly


___

Dipost Ustadz Aan Chandra Thalib -hafizhahullah- tgl 22 Dzulhijjah 1436 / 6 Oktober 2015


Silakan login untuk menulis komentar.
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com