SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Refleksi Akhir Yang Pasti

3 years ago

Refleksi Akhir Yang Pasti

 Refleksi akhir yang pasti

 
Kematian merupakaan kenyataan yang paling banyak di lupakan,
Bagaimana tidak, tanpa kita sadari kita sering mendengar berita tentang perihal kematian orang lain, tapi kita lupa bahwa suatu saat berita tentang kematian kita akan di dengar orang lain, kita juga sering hadir kerumah duka untuk ta'ziah atau bahkan sempat mengantarkan jenazah ke pemakaman sebagai perpisahan si mayyit dengan dunia untuk selamanya, dan dalam keadaan ini pula kita masih lupa suatu saat jenazah kita yang akan di kunjungi dan di antarkan sebagai perpisahan abadi dengan dunia.
Kematian merupakan satu kepastian yang akan di alami setiap yang bernyawa, karena untuk menemui kematian seorang hamba hanya memerlukan satu syarat saja, yaitu pernah merasakan hidup ketika di dunia, Allah azza wajalla berfirman...:
 
(كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۖ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ)
Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahala kalian. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.
[Surat Al-Imran 185]
Tidak ada yang bisa berlari dan keluar dari ayat ini, nabi dan rasul siapa yang anda akan sebut? orang sholeh mana yang terlintas di benak anda? ataukah seorang dokter terkenal yang selalu di harapkan? semua telah mati dan akan menyusul yang telah mati, karena mereka telah merasakan hidup sebagai syarat utama sebuah kematian.
Sungguh satu bukti yang tidak dapat diingkari lagi ketika pada detik-detik akhir kehidupan Rasululloh mengingatkan umatnya tentang kematian, kematian yang di dahului oleh proses sakratul maut yang luar bisa , Rasululloh sallallohu alaihi wasallam bersabda yang di riwayatkan oleh ibunda kita Aisyah radhiallohu anha 
 لا إله إلا الله إن للموت سكرات
Artinya :... tidak ada sesembahan yang haq kecuali Allah , sesungguhnya kematian itu selalu diiringi dengan sakratul maut....
Benar sudaraku, beliau adalah seorang rasul , makhluk terbaik yang pernah ada di muka bumi ini, beliaupun telah tiada, telah meninggalkan kita, dalam menuju satu tempat terbaik yang Allah telah jamin untuk beliau, lantas bagaimana dengan kita?
Saudaraku...
Mungkin saudara pernah mendengar sabda radululloh sallallohu alai wasallam yang menjelaskan kehidupan seseorang yang telah mati sessat setelah ia di tinggalkan oleh orang-orang yang mencintainya 
عن أنس رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : العبد إذا وضع في قبره وتولي وذهب أصحابه حتى إنه ليسمع قرع نعالهم....
Dari anas radhiallohu anhu , bahwasanya rasululloh sallallohu alaihi wasallam bersabda : seorang hamba , setelah ia di letakkan dalam kuburnya dia akan ditinggalkan oleh orang-orang yang mengantarkannya bahkan dia mendengar suara hentakan langkah Kaki mereka..
Berdasarkan hadist di atas , pernahkah kita berfikir bahwa suatu saat, yang di sebutkan dalam hadist tersebut adalah kita? Setelah sahabat dan kerabat memakamkan jasad kita, mereka pun tanpa rasa rindu lagi meninggalkan kita sendiri dalam ruang yang sempit dan gelap?
Kesempatan itu masih ada saudara, ketika kita telah merasakan hidup, maka kematian pasti akan kita rasakan, dan ketika Allah masih memberi kita kesempatan untuk hidup, pintu taubat dan perubahan ke arah yang lebih baik masih terbuka lebar, bertaqwalah kepada allah saudaraku, semoga Allah senantiasa mempermudah kita semua beserta orang-orang yang kita cintai untuk selalu menuju perubahan ke arah yang lebih baik.
 
والله أعلم بالصواب
 
Oleh : Ustadz Ibnu Hibban,BA (Mahasiswa S2 Universitas Muhammad bin Saud,Riyadh,KSA) 1-10-2015

Silakan login untuk menulis komentar.

ARTIKEL TERKAIT

Larangan Menyentuh Perempuan Yang Bukan Mahrom
Larangan Menyentuh Perempuan Yang Bukan Mahrom
Ustadz Abdullah Taslim MA - 4 years ago
Permainan Harokah Hizbiyah
Permainan Harokah Hizbiyah
Ustadz Zainal Abidin. Lc - 2 years ago
Renungan: Setelah Ramadhan dan Idul Fitri
Renungan: Setelah Ramadhan dan Idul Fitri
Ustadz DR Musyaffa' Ad Dariny,MA - 1 year ago
Tak Ada Perintah Nabimu Agar Engkau Mencari Ridho Istrimu
Tak Ada Perintah Nabimu Agar Engkau Mencari Ridho Istrimu
Ustadz Fadlan Fahamsyah. LC, MHI - 4 months ago
Berbagi Ramadhan (2)
Berbagi Ramadhan (2)
Redaksi SalamDakwah - 4 years ago
Nasehat-Nasehat Ustadz Yazid Abdul Qodir Jawas -Hafizhahullah-
Nasehat-Nasehat Ustadz Yazid Abdul Qodir Jawas -Hafizhahullah-
Ustadz Yazid Abdul QodirJawaz - 3 years ago
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com