SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Sepenggal Kisah Di Bawah Langit Korea

5 years ago

Sepenggal Kisah Di Bawah Langit Korea

Oleh : Ustadz Aan Chandra Thalib 

(di Madinah Al-Munawwarah)

 

"Akhirnya Ibuku Memeluk Islam"

 

Aku telah memeluk Islam sejak empat tahun yang lalu di Korea. Dan saat ini aku sedang menempuh studi di Arab Saudi. Alhamdulillah, hanya saja aku menghadapi berbagai problem belajar, karena sebelumnya aku belum pernah belajar bahasa arab. Aku tidak bisa memahami apapun di dalam kelas, ditambah lagi aku tidak bisa berkomunikasi dengan bahasa arab, karena itulah aku belajar dengan sungguh-sungguh.

 

Semua upaya telah kulakukan, tapi masih saja aku dihadapkan dengan berbagai problem saat mempelajari beberapa hal dalam waktu yang singkat.

Aku terus berdoa kepada Allah, agar Dia menambahkan ilmu padaku, supaya aku bisa memahami bahasa arab serta hal-hal yang berhubungan dengan Islam. Karena bagiku ini sangat sulit, namun setelah berdo'a semua jadi lebih baik. Alhamdulillah.

 

Aku telah mempelajari bahwa berbakti pada kedua orangtua merupakan hal yang sangat ditekankan dalam Islam, meskipun keduanya tidak beragama Islam. Untuk itu kuputuskan berangkat menuju Korea saat masa liburan. Aku mengunjungi Ibuku, setelah itu barulah aku mengunjungi Ayahku yang tinggal jauh dari Seoul. Ayah dan ibu pisah sejak aku duduk di bangku SMA.

 

Dalam kunjunganku, aku berusaha menjelaskan pada mereka tentang segala hal yang berhubungan dengan Islam. Aku bacakan pada mereka beberapa ayat Al-Qur'an dan sejumlah buku-buku Islam. Ketika aku menjelaskan, Ayahku sama sekali tak marah sebagaimana dulu, dia menyimak dengan baik penjelasanku tentang Islam. Hanya saja usianya sudah tua, dan dia sangat teguh agama kristen. Karena itu sulit baginya memeluk Islam.

 

Adapun ibuku, dia melihat aku telah banyak berubah setelah memeluk Islam, baginya kondisiku saat ini jauh lebih baik dari kondisiku yang dulu. Karena itu dia memutuskan untuk memeluk Islam, sebab ia yakin bahwa Islam adalah agama yang benar. Aku langsung saja membawanya ke masjid Jianjo, disana dia dibantu oleh imam masjid untuk mengucapkan dua kalimat syahadat di hadapan kaum muslimin. Alhamdulillah. Oh iya, Imam Masjid itu adalah orang yang baik, usianya sudah tua, dia datang dari Suriah.

 

Sebelumnya aku tak menyangka bahwa ibuku akan memeluk Islam. Tapi semua adalah kehendak Allah, Dialah yang berhak memberi hidayah pada siapa yang Dia inginkan. Setelah itu aku menemani ibuku mengunjungi beberapa tempat, agar aku dapat membuatnya bahagia. Aku mengajarinya tata cara sholat dan membaca Al-Qur'an. Kuhabiskan libur musim panasku dengan semua kegiatan itu. Aku sangat bahagia karena aku telah melakukan apa yang aku bisa dalam rangka berbakti pada ibu bapakku, sebagaimana yang diperintahkan Allah. Alhamdulillah.

 

Sekembaliku di Arab Saudi aku terus menjalin komunikasi dengan orangtuaku melalui telpon. Aku selalu berdoa untuk keluarga dan seluruh rakyat Korea, karena banyak warga Korea tidak mengetahui apapun soal Islam. Padahal mereka patut tau soal islam, Aku berdoa pada Allah agar mereka diberi hidayah, dan supaya islam tersebar disana.

 

Aku juga meminta agar diberi kesabaran, supaya aku bisa belajar dengan baik sehingga dapat menunaikan tugas dakwah di masa yang akan datang.

Amiin

 

Abdullah Park Al-Kuriy

 

Catatan:

 

Saya terharu saat membaca tulisan ini. Masih segar dalam ingatan saya saat pertama kali bertemu dulu. Waktu itu dia sama sekali tidak bisa berbahasa arab. Tapi lihatlah, kini dia menulis kisahnya dengan bahasa arab yang cukup baik. Meskipun ada beberapa susunan kata yang perlu diperbaiki. Itu wajar bila dibandingkan dengan kita yang lahir dalam keadaan Islam namun masih tidak bisa membaca Al-Qur'an dengan baik.

 

“Jika kamu berpaling (dari agama), niscaya Dia (Allah) akan mengganti (kamu) dengan kaum yang lain, dan mereka tidak akan seperti kamu.” 

(QS. Muhammad ayat: 38)

 

Versi arabnya bisa dilihat di sini: 

http://abdullahkorean.blogspot.com/2014/02/blog-post_88.html

 

Selamat mengambil ibroh

 

_______________________

Madinah 14 Rajab 1436 H

ACT El-Gharantaly

 

___

Dipost Ustadz Aan Chandra Thalib -hafizhahullah- tgl 14 Rajab 1436 / 3 Mei 2015


Silakan login untuk menulis komentar.

ARTIKEL TERKAIT

Apakah Ilmu Anda Bermanfaat?
Apakah Ilmu Anda Bermanfaat?
Redaksi SalamDakwah - 5 years ago
Mari Perbanyak Sholat Malam Di 10 Malam Terakhir Bulan Ramadhan
Mari Perbanyak Sholat Malam Di 10 Malam Terakhir Bulan Ramadhan
Ustadz DR Musyaffa' Ad Dariny,MA - 3 years ago
Istighfar
Istighfar
Ustadz Nuruddin Abu Faynan. Lc - 4 years ago
Hukum Tato Rambut (Qoza)
Hukum Tato Rambut (Qoza)
Ustadz Ammi Nur Baits - 4 years ago
Nasehat Emas Dari Ulama Besar: Al  Hasan Al Basri
Nasehat Emas Dari Ulama Besar: Al Hasan Al Basri
Ustadz M Elvisyam Lc MA - 6 years ago
Benci Syiah
Benci Syiah
Redaksi SalamDakwah - 6 years ago
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com