SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Ajarkan Al-Quran Pada Anak

Ustadz Abdullah Zein Lc MA - 5 years ago

Ajarkan Al-Quran Pada Anak

Al-Qur’an merupakan pedoman hidup umat Islam. Karena itu mengajari anak al-Qur’an dan tanamkan kecintaan kepada al-Qur’an sejak dini merupakan sesuatu yang harus diprioritaskan dalam kehidupan kita.

 

Hadits berikut menunjukkan betapa besarnya pahala mengajarkan al-Qur’an,

 

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

 

 “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al Quran dan mengajarkannya.” HR Bukhari dari Utsman bin ‘Affan radhiyallahu’anhu.

 

Dalam hadits ini tidak ada pembatasan usia tentang usia berapa kita belajar dan siapakah orang yang kita ajari. Maka kita mengajarkan Al Quran kepada anak juga termasuk ke dalam cakupan hadits ini.

 

Beberapa tips mengajari anak membaca al-Quran :

 

1. Bacakan ayat-ayat al-Quran sejak anak masih dalam kandungan. Tidak sedikit yang sudah membuktikan hal ini. Banyak ibu-ibu yang merasa takjub saat anaknya berusia 2 tahun, kata yang pertama keluar dari mulutnya adalah ayat al-Quran. Ternyata setelah ditanya pada kedua orang tuanya, bahwa waktu di dalam kandungan orang tuanya sering membaca ayat-ayat al-Quran.

2. Perdengarkan ayat al-Quran setiap hari di rumah. Tidak menjadi masalah apakah anak mendengarkan atau tidak. Baik ia main-main atau melakukan aktifitas apapun di dalam rumah. Ketahuilah bahwa otak bawah sadarnya -tanpa si anak sadari- merekam bacaan alquran yang ia dengar. Bahkan mungkin anak akan hapal dengan sendirinya ayat-ayat al-Quran yang sering ia dengar.

3. Konsisten. Untuk mengajari anak membaca al-Quran syarat utamanya Anda harus konsisten jangan putus-putus. Karena kekonsistenan Anda adalah parameter keberhasilan Anda dalam mengajari anak membaca alquran.

4. Menjadi sauri tauladan bagi anak. Ini sangat penting untuk bunda dan ayah perhatikan karena anak adalah peniru yang hebat. Maka otomatis Anda sebagai orang tua yang sering bersamanya yang akan ia tiru pertama kali. Kalau Anda sering membaca al-Quran dan menghapalnya maka secara otomatis anak-anak anda akan melihat dan lama kelamaan mereka akan meniru Anda membaca al-Quran walaupun mungkin masih banyak salah. Tetapi paling tidak mereka sudah mengenal alquran sejak kecil.

5. Anak diminta membaca surat itu sepenggal-penggal lebih dari satu kali. Sementara itu Anda membenarkan kesalahan-kesalahan yang terjadi pada anak saat membaca al-Quran.

6. Beri hadiah yang ia mau dengan syarat ia harus hapal surat atau ayat al-Quran.

Cara ini bisa Anda gunakan pada anak yang sudah punya keinginan pada sesuatu.

7. Perlu menanamkan dalam jiwa anak bahwa mempelajari Al-Quran adalah ibadah. Allah ta’ala memberikan pahala yang sangat besar. Ini akan membuat anak ikhlas dalam belajar al-Qur’an, sehingga tidak selalu tergantung terhadap hadiah yang bersifat materi duniawi.

8. Menjadi catatan bahwa anak perlu dilatih untuk dipahamkan dengan makna ayat-ayat yang dia pelajari dengan pemahaman sederhana. Tentunya sesuai tingkatan akalnya.

 

Semoga bermanfaat..

 

@ Pesantren “Tunas Ilmu” Kedungwuluh Purbalingga, 25 Jumadal Ula 1436 / 16 Maret 2015

 

_______

Dipost Ustadz Abdullah Zaen, MA -hafizhahullah- tgl 9 Jumadats Tsaniyah 1436 / 30 Maret 2015


Silakan login untuk menulis komentar.

ARTIKEL TERKAIT

Pentingnya Optimisme Dalam Kehidupan
Pentingnya Optimisme Dalam Kehidupan
Ustadz Fadlan Fahamsyah. LC, MHI - 4 years ago
Jangan Sampai Menyerupai Babi
Jangan Sampai Menyerupai Babi
Ustadz DR Musyaffa' Ad Dariny,MA - 3 years ago
Mutiara Nasehat (Bacalah Al Quran)
Mutiara Nasehat (Bacalah Al Quran)
Redaksi SalamDakwah - 6 years ago
Saat Anda Berlumuran Dosa...
Saat Anda Berlumuran Dosa...
Ustadz DR Musyaffa' Ad Dariny,MA - 5 years ago
Siapa Malaikat Zabaniyah?
Siapa Malaikat Zabaniyah?
Ustadz Ammi Nur Baits - 5 years ago
Hukum Gambar Wali Songo
Hukum Gambar Wali Songo
Ustadz Ammi Nur Baits - 4 years ago
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com