SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Disebut Allah

5 years ago

Disebut Allah

Oleh : Ustadz Muhammad Sulhan Jauhari, Lc, MHI

(di Dammam, Saudi)

 

Akan begitu indah dunia ini bila kita disebut dengan kebaikan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. 

Haru, sedih, senang, bahagia dan sederet rasa indah lainnya berkecamuk di dalam dada. Hal inilah yang pernah dirasakan oleh Ubay bin Ka’ab radhiyallahu 'anhu, seorang sahabat mulia.

 

عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ نَبِيَّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِأُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ: إِنَّ اللَّهَ أَمَرَنِيْ أَنْ أُقْرِئَكَ الْقُرْآنَ. قَالَ: أَاللَّهُ سَمَّانِيْ لَكَ؟ قَالَ: نَعَمْ. قَالَ: وَقَدْ ذُكِرْتُ عِنْدَ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ؟ قَالَ: نَعَمْ. فَذَرَفَتْ عَيْنَاهُ.

 

Dari Qotadah, dari Anas bin Malik bahwa Nabi Allah shallallahu 'alaihi wa sallam berkata kepada Ubay bin Ka’ab: “Sesungguhnya Allah telah memerintahkan aku untuk membacakan al-Qur’an kepadamu.” Ubay bertanya: “Apakah Allah menyebut namaku kepadamu?” Beliau menjawab: “Iya.” Ia kembali bertanya: “Sungguh aku telah disebut di sisi Rabb alam semesta?” Beliau menjawab: “Iya.” Akhirnya Ubay-pun menangis.” 

(HR. al-Bukhari dan Muslim)

 

Saudaraku, itu kenangan manis Ubay bin Ka’ab radhiyallahu 'anhu dengan Rabb-nya. Lantas, apakah engkau menginginkan kenangan manis bersama-Nya, disebut dengan kebaikan oleh-Nya? Perhatikanlah wejangan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berikut ini.  

 

Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: 

 

وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوْتِ اللَّهِ يَتْلُوْنَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُوْنَهُ بَيْنَهُمْ إِلَّا نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِيْنَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلَائِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيْمَنْ عِنْدَهُ.

 

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah (masjid), mereka membaca al-Qur’an dan saling mengajarkannya di antara mereka, melainkan ketenangan akan turun kepada mereka, rahmat Allah akan meliputi mereka, para malaikat akan mengitari mereka dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di hadapan makhluk yang ada di sisi-Nya.” 

(HR. Muslim)

 

Saudaraku, bila engkau ingin disebut dengan kebaikan oleh-Nya, maka hadirilah majelis ilmu. Majelis yang disampaikan di dalamnya firman Allah dan sabda Nabi-Nya shallallahu 'alaihi wa sallam. Majelis yang mengajarkan bagaimana kita bertakwa dan beribadah dengan benar kepada Allah Ta’ala.

 

Mulailah dari sekarang untuk menghadirinya sebelum diri kita terhalang darinya. Hadirilah ia barang sejenak, semoga hal itu menjadi pintu kebaikan bagi kita. Dan bagi yang sudah rutin menghadirinya, mohonlah kepada Allah agar dapat istiqomah untuk bergabung di dalamnya. Dengan menghadirinya, semoga Allah benar-benar menyebut anda. Sebuah kenangan manis yang akan menjadi saksi kebaikan bagi siapa saja yang menghadirinya di hari kiamat kelak di hadapan Allah Ta’ala.

 

“Mari, sesaat kita menambah iman di majelis ilmu.” Semoga Allah meringankan langkah kita untuk menghadiri majelis ilmu dan semoga kita dimudahkan untuk mengambil banyak faedah darinya. Aamiin.

 

✅ Bagian Indonesia 

🏠 ICC DAMMAM KSA 

==================

📅 [ 26/05/1436 H - 17 Maret 1015]


Silakan login untuk menulis komentar.

ARTIKEL TERKAIT

Pesan Ringkas Dan Padat Bagi Pasutri
Pesan Ringkas Dan Padat Bagi Pasutri
Ustadz DR Musyaffa' Ad Dariny,MA - 4 years ago
Selamat Pagi Itu Salamnya Orang-Orang Jahiliyah
Selamat Pagi Itu Salamnya Orang-Orang Jahiliyah
Ustadz Amir As-Soronji,Lc - 3 years ago
Persahabatan Yang Tidak Mendapatkan Kebaikan
Persahabatan Yang Tidak Mendapatkan Kebaikan
Redaksi SalamDakwah - 6 years ago
Wahai Para Suami Sadarlah Anda....
Wahai Para Suami Sadarlah Anda....
Ustadz Amir As-Soronji,Lc - 3 years ago
Suamiku
Suamiku
Ustadz Abu Zubair Al Hawary. Lc - 6 years ago
Ketika Sang Suami Menangis
Ketika Sang Suami Menangis
Ustadz Fadlan Fahamsyah. LC, MHI - 4 years ago
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com