SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bahaya Taqlid

Ustadz M Elvisyam Lc MA - 5 years ago

Bahaya Taqlid

Semua amalan kita masing masing yang akan mempertanggung jawabkannya di hadapan Allah. 

Semua yang diikuti akan berlepas diri dari yang mengikutinya, 

sampai-sampai syaitan pun berlepas diri dari pengikutnya. 

Maka oleh karena itu jangan asal ikut saja dalam beragama, Allah berfirman dalam surat Ibrohim ayat 22: 

 

وَقَالَ الشَّيْطَانُ لَمَّا قُضِيَ الْأَمْرُ إِنَّ اللَّهَ وَعَدَكُمْ وَعْدَ الْحَقِّ وَوَعَدْتُكُمْ فَأَخْلَفْتُكُمْ ۖ وَمَا كَانَ لِيَ عَلَيْكُمْ مِنْ سُلْطَانٍ إِلَّا أَنْ دَعَوْتُكُمْ فَاسْتَجَبْتُمْ لِي ۖ فَلَا تَلُومُونِي وَلُومُوا أَنْفُسَكُمْ ۖ مَا أَنَا بِمُصْرِخِكُمْ وَمَا أَنْتُمْ بِمُصْرِخِيَّ ۖ إِنِّي كَفَرْتُ بِمَا أَشْرَكْتُمُونِ مِنْ قَبْلُ ۗ إِنَّ الظَّالِمِينَ لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

 

Dan berkatalah syaitan tatkala perkara (hisab) telah diselesaikan: "Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan akupun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya. Sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekedar) aku menyeru kamu lalu kamu mematuhi seruanku, oleh sebab itu janganlah kamu mencerca aku akan tetapi cercalah dirimu sendiri. Aku sekali-kali tidak dapat menolongmu dan kamupun sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatanmu mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu". Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu mendapat siksaan yang pedih.

 

Apa arti taqlid? 

Taqlid adalah mengikuti pendapat tanpa mengetahui argumennya. 

Kalo dia ikut pendapat dgn mengetahui argumennya bahwa argumennya adalah kuat maka itu namanya ittiba' (pengikutan berdasarkan ilmu).

 

[Ustadz Muhammad Elvi Syam, MA]

 

22 Rabi'ul Awal 1436 (13/1/2015)

 


Silakan login untuk menulis komentar.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com