SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Nasehat Istimewa dan Generasi Mulia

5 years ago

Nasehat Istimewa dan Generasi Mulia

(Ustadz Muhammad Sulhan, Lc, MHI)

 

Kalimat indah berisi mutiara nasihat dari para pendahulu kita dari kalangan orang-orang saleh begitu melimpah. Salah satunya sebagaimana yang disampaikan oleh seorang ulama dari kalangan tabi’in, Malik bin Dinar rahimahullah berikut ini. 

 

Beliau rahimahullah menuturkan: 

 

كَانَ اْلأَبْرَارُ يَتَوَاصَوْنَ بِثَلاَثٍ: بِسَجْنِ اللِّسَانِ، وَكَثْرَةِ اْلاِسْتِغْفَارِ وَالْعُــزْلَةِ. 

 

“Dahulu orang-orang saleh saling menasihati dengan tiga perkara: memenjarakan lisan, memperbanyak istighfar dan menyendiri.” [al-‘Uzlah wal-Infirad, Ibnu Abi Dunya tahqiq Masyhur Hasan Alu Salman]

 

PERTAMA: Memenjarakan Lisan.

 

Penjarakanlah lisan anda dari perkataan mubah yang tidak ada manfaatnya, terlebih dari perkataan yang dilarang dan diharamkan di dalam Islam.

 

KEDUA: Memperbanyak Istighfar.

 

Perbanyaklah istighfar. Sungguh beruntung seorang hamba yang catatan amalnya terdapat limpahan istighfar. Tidak akan merugi seorang hamba yang terus membasahi lisannya dengan istighfar kepada Allah subhanahu wa ta'ala.

 

KETIGA: Menyendiri.

 

Menyendirilah dari tengah manusia yang tidak baik dan jauh dari agama agar tidak tertular keburukan mereka. Bersahabatlah dengan orang-orang saleh yang dapat menularkan kesalehannya kepada anda dan membimbing anda menuju cahaya iman dan takwa.

 

Semoga kita dimudahkan untuk mengamalkan nasihat yang baik dari orang-orang saleh dari generasi mulia. Semoga yang sedikit ini bermanfaat bagi kita semua. Aamiin. 

 

Bagian Indonesia 

ICC DAMMAM

 

_______________

Dipost oleh Ustadz Muhammad Sulhan, Lc, MHI -hafidzahullah- di Dammam,Saudi tgl 18 Rabi"ul Awal 1436 / 9 Januari 2015


Silakan login untuk menulis komentar.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com