SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Tak Ada Kata Terlambat Dalam Menuntut Ilmu (Agama)

5 years ago

Tak Ada Kata Terlambat Dalam  Menuntut Ilmu (Agama)

Oleh: Ustadz Aan Chandra Thalib 

 

Saat menerangkan sanad hadits ke 71 dari sohih Muslim tibalah Syaikh Abdul Karim Al Khudhair pada nama Shalih bin Kaisan. Syaikh mengatakan, 

"Shalih bin Kaisan adalah seorang ulama yang baru mulai menuntut ilmu ketika usianya menginjak 50 tahun, meskipun terlambat -menurut sebagian orang- dia mengungguli perawi lainnya yang semenjak kecil sudah menuntut ilmu. Dia bahkan memiliki riwayat yang tidak dimiliki para perawi di zamannya yang lebih dahulu menuntut ilmu darinya. 

 

Jadi jangan putus asa dalam menuntut ilmu, sekalipun umurmu tidak lagi muda. Meskipun jenggotmu sudah mulai memutih, mulailah belajar. 

Di zaman ini kami sering mendengar banyak orang hafal Al-Qur'an di usia senja. Ada yang bahkan baru menghafalnya saat menginjak usia 70 tahun, seperti kisah masyhur tentang seorang wanita yang tinggal di salah satu sudut kota di negeri ini, dimana ia baru menyelesaikan hafalan Al Qur'annya pada usia 70 tahun.

 

Catatan:

Selain Shalih bin Kaisan, Ada juga Syaikul Islam Zakaria Al Anshari yang baru mulai menuntut ilmu diusia 26 tahun, Imam Tirmidzi, Imam Al Kisa'i dan lain-lain. Adapun Imam Al Kisa'i dia baru mulai menuntut ilmu pada usia 40 tahun, setiap hari dia hanya mempelajari 5 masaail ilmu.

(Taarikh Baghdad 11/404)

 

Dan masih banyak lagi.

 

Wallahu a'lam

 

______________

Madinah, 29 Muharram 1436 H / 22 Nov 2014

ACT El Gharantaly


Silakan login untuk menulis komentar.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com