SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Kepada Siapa Engkau Bermaksiat?

4 years ago

Kepada Siapa Engkau Bermaksiat?

[•] Jangan Meremehkan Maksiat

 

Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu berkata:

 

إِنَّكُمْ لَتَعْمَلُوْنَ أَعْمَالاً هِيَ أَدَقُّ فِي أَعْيُنِكُمْ مِنَ الشَّعْرِ، إِنْ كُنَّا لَنَعُدُّهاَ عَلَى عَهْدِ رَسُوْلِ اللهِ مِنَ الْمُوْبِقَاتِ

 

Sesungguhnya kalian mengerjakan perbuatan-perbuatan, yang pada pandangan kalian ia lebih lembut dari rambut, sementara kami dahulu para masa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menganggapkan termasuk dosa besar yang dapat membinasakan. (HR. Bukhari no. 6127)

 

Ucapan ini beliau lontarkan kepada generasi setelah beliau yakni tabi’in. Lantas bagaimana dengan zaman kita yang semakin jauh dari mereka? Kiranya, sekecil apa kita menganggap dosa tersebut? Padahal mereka dahulu menganggap hal itu termasuk dosa yang dapat membinasakan?!

 

[•] Antara Orang Taat Dan Tukang Maksiat

 

Dalam kitab Shahih al-Bukhari, dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu 'anhu, ia berkata: 

 

إِنَّ الْمُؤْمِنَ يَرَى ذُنُوْبَهُ كَأَنَّهُ فِي أَصْلِ جَبَلٍ يَخَافُ أَنْ يَقَعَ عَلَيْهِ، وَإِنَّ الْفَاجِرَ يَرَى ذُنُوْبَهُ كَذُبَابٍ وَقَعَ عَلَى أَنْفِهِ، فَقَالَ بِهَ هَكَذَا، فَطَارَ

 

Sesungguhnya orang mukmin melihat dosanya seolah-olah ia berada di bawah gunung, ia khawatir gunung itu akan roboh menimpanya. Sedangkan tukang maksiat melihat dosanya seperti seekor lalat yang menempel di hidungnya, ia menyingkirkannya begitu saja dan lalat itu pun terbang (maksudnya ia tidak peduli).

 

[•] Kepada Siapa Engkau Bermaksiat?

 

Imam Ahmad rahimahullah berkata: al-Walid telah bercerita kepada kami, ia berkata: Aku mendengar al-Auza’i berkata: Aku pernah mendengar Bilal bin Sa’id berkata: 

 

لاَ تَنْظُرْ إِلَى صِغَرِ الْمَعْصِيَةِ وَلَكِنِ انْظُرْ مَنْ عَصَيْتَ

 

Janganlah engkau melihat kecilnya maksiat itu, namun cermatilah kepada siapa engkau bermaksiat?!

 

[•] Pengaruh Maksiat Bagi Orang Lain

 

Sebagian generasi salaf berkata: 

 

إِنِّيْ  َلأَعْصِي اللَّهَ فَأَعْرِفُ ذَلِكَ فِي خُلُقِ امْرَأَتِيْ وَدَابَّتِيْ

 

Sungguh, ketika bermaksiat kepada Allah, aku mengetahui dampak buruknya ada pada perilaku istriku dan hewan tungganganku.

 

Istri yang tidak taat, anak-anak yang tidak berbakti, hewan tunggangan yang sulit diatur, atau kendaraan yang sering bermasalah, bisa jadi dikarenakan perbuatan dosa yang kita lakukan. Maka itu, hendaknya kita mengintrospeksi diri sebelum tergesa-gesa menyalahkan orang lain. Tegurlah diri anda sebelum menegur mereka. 

 

[•] Dosa Sulit Terlupakan

 

Imam Ahmad rahimahullah menyebutkan sebuat riwayat dari Abu Darda radhiyallahu 'anhu, ia berkata: 

 

اُعْبُدُوْا الله كَأَنَّكُمْ تَرَوْنَهُ، وَعُدُّوْا أَنْفُسَكُمْ فِي الْمَوْتَى، وَاعْلَمُوْا أَنَّ قَلِيْلاً يُغْنِيْكُمْ خَيْرٌ مِنْ كَثِيْرٍ يُطْغِيْكُمْ، وَاعْلَمُوْا أَنَّ الْبِرَّ لاَ يَبْلَى وَأَنَّ الإِثْمَ لاَ يُنْسَى

 

Beribadahlah kepada Allah seolah-olah kalian melihat-Nya, anggaplah jiwa kalian seolah-olah telah meninggal dunia, ketahuilah sesungguhnya yang sedikit namun mencukupi lebih baik daripada banyak tapi dapat melupakan, ketahuilah sesungguhnya kebajikan itu tidak akan lusuh dan perbuatan dosa tidak akan dilupa.

 

Semoga dimudahkan untuk senantiasa menjaga diri dari berbagai macam kemaksiatan. Jika akhirnya terjatuh juga, semoga dimudahkan untuk bertaubat kepada-Nya. Aamiiin 

 

Bagian Indonesia

ICC DAMMAM KSA

(Saudi)

17 Shafar 1436 / 10 Des 2014


Silakan login untuk menulis komentar.

ARTIKEL TERKAIT

Keterbatasan Wanita yang Disukai
Keterbatasan Wanita yang Disukai
Ustadzah Ummu Faynan,Lc - 3 years ago
Jilbab: Sempurnakan Hijabmu Wahai Ukhti Muslimah
Jilbab: Sempurnakan Hijabmu Wahai Ukhti Muslimah
Redaksi SalamDakwah - 5 years ago
Ajari Anak Shalat
Ajari Anak Shalat
Ustadz Kurnaedi Lc - 3 years ago
Cahaya Taqwa
Cahaya Taqwa
Redaksi SalamDakwah - 5 years ago
7 Terapi Hasad
7 Terapi Hasad
Redaksi SalamDakwah - 5 years ago
Syukur
Syukur
Ustadz Abu Fairuz Ahmad, MA - 3 years ago
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com