SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Pertanyaan Seorang Anak Kecil

Ustadz Ferry Nasution - 5 years ago

Pertanyaan Seorang Anak Kecil

Saudaraku...

ada pelajaran sedikit yang berharga untuk orang tua, para da'i dan umumnya kaum muslimin. Dalam kegiatan Tabligh Akbar (Ustadz Yazid Jawas hafidzahullah, pen) tgl 2 Muharam 1436 H / 26 Oktober 2014 tadi pagi, datang sebuah pertanyaan dari "seorang anak kecil yang bertanya kepada guru kami dengan tulisan yang sangat lucu tulisannya (layaknya anak-anak kecil yang berumur 6-7 tahun". Diantara pelajarannya:

 

1. Menunjukkan bahwa ilmu syar'i sangat dibutuhkan oleh seluruh tingkatan manusia, baik tua/muda, pria/wanita, anak kecil ataupun dewasa.

2. Menunjukkan bahwa anak kecil tersebut memiliki pemahaman ilmu yang baik, karena dilihat dari baiknya cara bertanya kepada gurunya dengan pertanyaan yang sopan. Yang mana kita menyaksikan sebagian kaum muslimin kurang memperhatikan permasalahan ini.

3. Menunjukkan bahwa anak kecil tersebut haus akan ilmu.

4. Dengan sebab pertanyaannya, maka jawaban dari gurunya dapat memberikan manfaat kepada yang hadir dari kaum muslimin (dan banyak diantara kita yang tidak memahaminya/mengerti, baik orang-orang awamnya maupun ustadznya).

5. Pendidikan yang baik dari kedua orang tuanya, yang mengajarkan anaknya untuk berdekat-dekat dengan ulamanya (ahli ilmunya).

6. Pendidikan yang baik dari kedua orang tuanya, yang mengajarkan anaknya untuk memulangkan segala sesuatu dari apa yang tidak difahami dari urusan agamanya menyerahkan kepada Ahlinya.

7. Pendidikan yang baik dari kedua orang tuanya, untuk berani bertanya apabila tidak memahami suatu permasalahan (keganjalan dalam hatinya, terbiasa untuk berbicara dan bertanya kepada gurunya dengan akhlak yang mulia).

8. Pendidikan yang baik dari kedua orang tuanya, yang mengajarkan kepada anaknya adab-adab di dalam majelis, untuk diam dan memperhatikan penjelasan gurunya.

9. Dalam kisah tersebut, menunjukkan tentang ketinggian akhlak dan bukti sayangnya seorang da'i kepada muridnya meskipun terhadap anak kecil. 

10. Perhatian yang sangat besar bagi seorang da'i menunaikan hak kaum muslimin meskipun terhadap anak kecil dalam menjwab pertanyaan-pertanyaan yang darinya.

 

Ustadz Ferry Nasution hafidzahullah

2 Muharram 1436 / 26 Oktober 2014


Silakan login untuk menulis komentar.

ARTIKEL TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com