SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Berkah Hidup Seorang Muslim

Ustadz Fuad Baraba Lc - 4 years ago

Berkah Hidup Seorang Muslim

Seorang muslim hidupnya diberkahi Allah Ta'ala, baik dalam amal maupun waktunya. 

 

Dan sebesar-besar keberkahan dalam amal adalah keta'atan kepada Allah 'Azza wa Jalla, karena keta'atan kepada Allah 'Azza wa Jalla dapat mendatangkan keberkahan bagi pelakunya. 

Allah Ta'ala berfirman: 

 

مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا وَمَنْ جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزَى إِلَّا مِثْلَهَا وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ.

 

“Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan).” 

(QS. Al-An’am: 160)

 

Dan Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda dari Чαπƍ beliau riwayatkan dari Rabb-nya Tabaraka wa Ta'ala: 

 

«إِنَّ اللهَ كَتَبَ الْـحَسَنَاتِ وَالسَّيِّـئَاتِ، ثُمَّ بَيَّنَ ذَلِكَ، فَمَنْ هَمَّ بِحَسَنَةٍ فَلَمْ يَعْمَلْهَا، كَتَبَهَا اللهُ عِنْدَهُ حَسَنَةً كَامِلَةً، وَإِنْ هَمَّ بِـهَا فَعَمِلَهَا كَتَبَهُ اللّـهُ عَزَّوَجَلَّ عِنْدَهُ عَشْرَ حَسَنَاتٍ إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ إِلَى أَضْعَافٍ كَثِيْرَةٍ، وَإِنْ هَمَّ بِسَيِّـئَةٍ فَلَمْ يَعْمَلْهَا؛ كَتَبَهَا اللهُ عِنْدَهُ حَسَنَةً كَامِلَةً، وَإِنْ هَمَّ بِهَـا فَعَمِلَهَا، كَتَبَهَا اللهُ سَيِّئَةً وَاحِدَةً ». رَوَاهُ الْـبُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ

 

Dari Ibnu ‘Abbâs Radhiyallahu anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang hadits yang . Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allâh menulis kebaikan-kebaikan dan kesalahan-kesalahan kemudian menjelaskannya. Barangsiapa berniat melakukan kebaikan namun dia tidak (jadi) melakukannya, Allâh tetap menuliskannya sebagai satu kebaikan sempurna di sisi-Nya. Jika ia berniat berbuat kebaikan kemudian mengerjakannya, maka Allâh menulisnya di sisi-Nya sebagai sepuluh kebaikan hingga tujuh ratus kali lipat sampai kelipatan yang banyak. Barangsiapa berniat berbuat buruk namun dia tidak jadi melakukannya, maka Allâh menulisnya di sisi-Nya sebagai satu kebaikan yang sempurna. Dan barangsiapa berniat berbuat kesalahan kemudian mengerjakannya, maka Allâh menuliskannya sebagai satu kesalahan.” 

(HR. al-Bukhâri dan Muslim)

 

Ini menunjukan keta'atan kepada Allah Ta'ala dalam ucapan, ϑimana satu kata dari keta'atan akan diberikan balasan sepuluh kali lipat Чαπƍ akan dicatat Allah Ta'ala dalam keridhoannya, kemudian hamba tersebut akan dijaga sehingga Allah memasukkannya ke dalam surga, meridhoinya ϑi surga, dan Allah tidak akan pernah murka selama-lamanya.

 

Mudah-mudahan Allah Ta'ala menjadikan kita seperti hamba tersebut.

 

(Dari Kajian Sebaik-baik Hari ϑi Dunia)

 

@fuadhbaraba

 

Dishare Ustadz Fuad Hamzah Baraba', Lc hafidzahullah tanggal 21 Dzulqo'dah 1435 / 16 September 2014

 


Silakan login untuk menulis komentar.

ARTIKEL TERKAIT

Bercinta dan Bersaudara Karena Allah
Bercinta dan Bersaudara Karena Allah
Ustadz Fuad Baraba Lc - 4 years ago
Ibumu
Ibumu
Ustadz Fuad Baraba Lc - 5 years ago
Renungan Tuk Para Suami
Renungan Tuk Para Suami
Ustadz Fuad Baraba Lc - 5 years ago
Hukum Kodok
Hukum Kodok
Ustadz Fuad Baraba Lc - 5 years ago
Wara'
Wara'
Ustadz Fuad Baraba Lc - 3 years ago
Fenomena Bodoh Di Zaman Fitnah
Fenomena Bodoh Di Zaman Fitnah
Ustadz Fuad Baraba Lc - 8 months ago
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com