SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Doa Sapu Jagad

4 years ago

Doa Sapu Jagad

Oleh: Ustadz Rochmad Supriyadi, Lc hafidzahullah

 

رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى ٱلدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى ٱلْءَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

 

“Robbanaa aatinaa fid-dun yaa hasanah, wafil aa-khiroti hasanah, waqinaa ‘adzaaban-naar.”

 

“Ya Tuhan, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka.” (QS. Al-Baqarah 201)

 

Penjelasan:

 

Doa ini merupakan doa yang singkat tapi sangat berguna karena mencakup semua aspek kehidupan diantaranya memiliki kandungan, memohon kebaikan di dunia, kebaikan di akhirat dan keselamatan dari siksa api neraka. Doa ini baik dibaca dalam setiap kesempatan.

 

Sebab Turunnya Ayat:

 

Diriwayatkan oleh Ibnu Abu Hatim dari Ibnu Abbas, katanya, “Suatu golongan dari kalangan Arab biasa datang ke tempat berwukuf lalu berdoa, ‘Ya Allah! Jadikanlah tahunku ini tahun hujan dan tahun kesuburan, serta tahun kasih sayang dan kebaikan,’ tanpa menyebut-nyebut soal akhirat walau sedikit pun.” Allah pun menurunkan tentang mereka, “Di antara manusia ada yang mengatakan, ‘Ya Tuhan kami berilah kami (kebaikan) di dunia, tetapi tiadalah bagian di akhirat.” (Q.S. Al-Baqarah 200)

 

Setelah itu datanglah golongan lain yakni orang-orang beriman yang memohon, ‘Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta lindungilah kami dari siksa neraka. Mereka itulah yang beroleh bagian dari apa yang mereka usahakan, dan Allah sangat cepat perhitungan-Nya.’” (Q.S. Al-Baqarah 201)

 

Oleh karenanya Allah Ta`ala memberikan pujian kepada para hamba yang memohon kebaikan urusan dunia dan akhirat.

 

Berkata Imam Ibnu Katsir rohimahullah, “Terkumpul dalam doa ini permohonan segala kebaikan dunia dan perlindungan dari segala keburukan nya, dikarenakan segala kebaikan dunia mencakup seluruh keinginan seperti ; kesehatan, keselamatan, rumah yang indah, pasangan yang cantik, rezeki yang banyak, ilmu yang bermanfaat, amal yang salih, kendaraan yang mewah, dan seterusnya dari aneka nikmat yang termasuk dalam kebaikan dunia.

 

Adapun kebaikan akhirat maka yang paling diharapkan adalah masuk ke dalam surga serta aneka nikmat di dalamnya, dan terhindar dari rasa takut pada hari kiamat, padang mahsyar, hari perhitungan dan hisab, serta terbebas kan dari siksa neraka.

 

Berkata Al Qo`sim abu abdurrahman, “Barangsiapa yang telah diberikan hati yang pandai bersyukur, lisan yang berdzikir, tubuh yang mampu bersabar, maka ia telah di berikan di dunia suatu kebaikan, dan di akhirat kebaikan, dan ia akan dihindarkan dari api neraka.”

 

Di riwayat kan dari Abdul Aziz bin Syuhaib bahwa Qotadah bertanya kepada Anas radhiyallah anhu tentang doa yang paling banyak dibaca oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka Anas menjawab :

 

رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى ٱلدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى ٱلْءَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّا .

 

“Dan Anas jika hendak berdoa dengan suatu doa maka ia melantunkan doa ini.” (HR Muslim)

« Tafsir Ibnu Katsir 2/262~263 »


Silakan login untuk menulis komentar.

ARTIKEL TERKAIT

Pemain Medsos Tipikal Pendendam
Pemain Medsos Tipikal Pendendam
Ustadz Abul Jauzaa - 5 months ago
Kiat-Kiat Istiqomah
Kiat-Kiat Istiqomah
Redaksi SalamDakwah - 3 years ago
Surat Al Maidah Ayat 51
Surat Al Maidah Ayat 51
Ustadz Ammi Nur Baits - 2 years ago
Gadget adalah Ujian
Gadget adalah Ujian
Ustadz Abu Fairuz Ahmad, MA - 11 months ago
Tafsir QS. Al Baqoroh: 30
Tafsir QS. Al Baqoroh: 30
Ustadz Abu Islama Imanudin Lc - 1 year ago
Jangan Mencela Kesalahan Orang!
Jangan Mencela Kesalahan Orang!
Ustadz Abu Fairuz Ahmad, MA - 1 year ago
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com