SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Mengejar Jawaban dari Doa

Redaksi SalamDakwah - 5 years ago

Mengejar Jawaban dari Doa

 Mengejar Jawaban Doa

 
Tidak bisa di pungkiri bahwa doa merupakan satu ibadah mulia yang langsung menghubungkan seorang hamba dengan Rabbnya , tidak juga bisa diingkari bahwa terkabulnya doa seseorang adalah sebuah kemuliaan dan kehormatan yang luar biasa , ada satu faedah penting yang kami dapatkan pada materi daurah yang di sampaikan oleh syekh sulaiman bin salimullah arruhaily, bahwa semakin besar permintaan kita di dalam doa maka semakin besar pula kita di tuntut untuk melakukan sebab musabbab terkabulnya doa tersebut , entah  dalam bentuk ibadah yang dianjurkan atau berusaha  meraih yang kita inginkan melalui usaha nyata.

Disebutkan dalam sebuah riwayat bahwa rasululloh sallallohu alaihi wasallam bersabda :
عن ربيعة بن كعب الأسلمي رضي الله عنه قال: كنت أبيت مع رسول الله صلى الله عليه وسلم فأتيته بوضوئه وحاجته فقال لي: " سل؟ ". فقلت: أسألك مرافقتك في الجنة، قال: " أو غير ذلك" قلت: هو ذاك. قال: " فأعني على نفسك بكثرة السجود "
( رواه مسلم في صحيحه )
" Dari rabi'ah bin ka'ab al aslami radhiallohu anhu beliau berkata :  aku pernah tinggal bersama Rasulullullah sallallohualaihi wasallam , maka akupun membawakan air wudhu dan keperluan beliau yg lain , maka beliaupun bersabda : mintalah apa yg kamu inginkan , maka aku katakan :  aku minta agar bisa menemanimu di syurga...rasululloh pun kembali bertanya :adakah yang selain dari itu...? Maka aku katakan : hanya itu saja , maka rasulullohpun bersabda : kalau memang seperti itu , maka bantulah saya ( agar allah mengabulkan keinginanmu ) dengan memperbanyak sujudmu." ( H.R . Muslim )

Dari penggalan hadist di atas dapat kita lihat bagaimana rasululloh meminta robi'ah bin ka'ab al aslami agar dapat menggapai keinginannya untuk berusaha dan melakukannya secara kontinyu dan nyata , meskipun rasululloh bisa saja mendoakan sahabat tersebut tanpa harus memintanya melakukan apa yang di suruh dan akan di kembalikan kepada Allah tentang apa yang akan diberikan olehNya setelah itu , tapi itulah rasululloh yang selalu memberi pesan penuh hikmah baik secara tersurat ataupun tersirat , yang tidak menjadikan ummatnya menjadi ummat yang berpangku tangan tanpa usaha , atau salah memahami konsep-konsep syariat sehingga menimbulkan dampak dan aksi terbalik dari yang di inginkan.
Semoga allah menjadikan kita semua termasuk orang-orang yg selalu dikabulkan doanya ,dan bukan termasuk dari golongan orang-orang yang hanya mempunyai angan-angan kosong tanpa adanya usaha dan sikap yang nyata.
 
 

Al Ustadz Ibnu Hibban, Lc 


Silakan login untuk menulis komentar.

ARTIKEL TERKAIT

Tahun Baru Hijriyah
Tahun Baru Hijriyah
Redaksi salamdakwah.com - 8 years ago
Omongan Orang
Omongan Orang
Ustadz Abu Fairuz Ahmad, MA - 4 years ago
Mencela Pemerintah
Mencela Pemerintah
Ustadz Kurnaedi Lc - 4 years ago
Yahudi-Yahudi Itulah Yang Penjahat Putriku....
Yahudi-Yahudi Itulah Yang Penjahat Putriku....
Redaksi SalamDakwah - 6 years ago
Carilah Celah Untuk Memberi
Carilah Celah Untuk Memberi
Ustadzah Ummu Faynan,Lc - 4 years ago
Kebenaran Vs Kebatilan
Kebenaran Vs Kebatilan
Ustadz Kurnaedi Lc - 4 years ago
Betapa Celakanya Para Pelawak
Betapa Celakanya Para Pelawak
Redaksi salamdakwah.com - 4 years ago
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com