SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Berpegang Teguhlah Pada Tali Allah Taala (Para Ghuraba)

Redaksi SalamDakwah - 2 years ago

Berpegang Teguhlah Pada Tali Allah Taala (Para Ghuraba)

BERPEGANG TEGUHLAH PADA TALI ALLAH TA'ALA

Penulis: Al-Ustadz Abdussalam Busyro, Lc حفظه الله 

 

Sesungguhnya jalan keselamatan hanyalah satu yaitu jalan اَللّهُ سبحانه وتعالى yang lurus.

 

Dalam sebuah hadits shahih bahwa suatu ketika Rosullullah صلى الله عليه وسلم menarik garis lurus lalu menarik garis-garis ke kanan & ke kiri dari garis yg lurus itu, kemudian beliau bersabda:

 

"Inilah (garis lurus) jalan Allah Ta'ala, sementara garis-garis ke kanan & ke kiri itu adalah jalan-garis setan, 'Beliau kemudian membaca ayat: Dan bahwa (yang Kami perintahkan) ini adalah jalanKu yang lurus maka ikutilah dia; dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain) karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya". (HR Ahmad dan Ad-Darimi)

 

Sebagian ulama mencontohkan dengan pelepah kurma yang menjulur hingga ke tanah. Sekiranya seekor serangga merayap naik melalui batangnya, niscaya ia akan sampai ke atas dan dapat menikmati buah kurma yang diinginkannya, artinya ia telah selamat sampai ke tujuan. Lain ceritanya jika ia naik melalui pelepah daun kurma yang menjulur ke kanan & ke kiri itu, baru saja ia mencoba merayap naik pasti sudah terjatuh. Batang itulah jalan اَللّهُ سبحانه وتعالى sementara pelepah daun kurma itu adalah jalan-jalan setan. 

 

Sekarang ini kita berada pada zaman serba asing, sebagaimana dalam sebuah hadits Rosul صلى الله عليه وسلم :

 

"Dienul Islam itu pada mulanya asing dan akan kembali asing sebagaimana pada awalnya, maka Thuubaa (kebahagiaan/surga bernama Thuubaa) bagi para ghuraba'. (HR Muslim)

 

Ada beberapa riwayat yang menjelaskan pengertian Ghuraba' adalah "mereka adalah orang-orang yang memelihara agamanya dari fitnah-fitnah", setiap kali fitnah datang menimpa harta, diri dan agamanya, ia akan menjauh menyelamatkan diri hingga agamanya tetap terjaga.

 

Orang-orang yang menjaga nilai-nilai agamanya merekalah yang disebut ghuraba', merekalah yang mendapat do'a dari Rosul صلى الله عليه وسلم "Berbahagialah para ghuraba'!"

 

Seorang muslim hanya selamat dengan memegang teguh nilai-nilai agamanya, ia harus mendahulukannya daripada yang lain.

 


Silakan login untuk menulis komentar.

ARTIKEL TERKAIT

© 2017 - Www.SalamDakwah.Com